Pertengahan Tahun, LRT Jabodebek Cibubur – Cawang Diujicoba

lrv untuk lrt jabodebek
Tampak depan kereta kabin LRV untuk LRT Jabodebek | foto: ANTARA News/Virna P. Setyorini

[16/2]. Setelah menjalani masa konstruksi hampir 3 tahun lamanya, kini kita tahu kapan rangkaian LRV akan mondar-mandir di jalur LRT Jabodebek. Jalur LRT Jabodebek fase 1 akan mulai diujicoba pada pada pertengahan tahun 2019. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Operasional II Wijaya Karya Pundjung Setya Brata. Dirinya mengatakan Jalur LRT Jabodebek fase 1 akan diujicoba pada bulan Juni atau Juli 2019.

Rencana ini mundur hampir 3 bulan dari rencana sebelumnya yang akan diujicoba pada April 2019. Uji coba akan dilakukan dari Cibubur hingga Ciracas atau sepanjang jalur fase 1. Untuk rangkaiannya sendiri saat ini tengah dikerjakan di pabrik INKA di Madiun. Rangkaian “kembaran” LRV Palembang dengan warna merah-hitam dan lebar sepur 1435 mm.

Hingga saat ini progress pembangunan jalur LRT Jabodebek fase 1 sudah mencapai 78,455 persen. Berdasarkan pemantauan Tim REDaksi, sejumlah pekerjaan besar masih dilakukan seperti pembangunan stasiun di sepanjang jalur dan pemasangan girder box di jalur yang melintang di atas Tol Jagorawi dekat Taman Mini dan di daerah Cawang dekat UKI.

Meski belum menampakan bentuknya, pihak Divisi LRT KAI telah menetapkan tarif awal perjalanan LRT Jabodebek. Kepala Divisi LRT Jabodebek John Roberto mengatakan tarif awal LRT Jabodebek ditetapkan Rp 12.000 sekali jalan. Tarif tersebut dihitung berdasarkan kemampuan masyarakat Jabodetabek.

John mengatakan sebenarnya berdasarkan perhitungan pihak Divisi LRT, tarif awalnya sendiri menyentuh angka Rp 30.000, namun pemerintah memandang masyarakat hanya mampu membayar tarif awal sebesar Rp 12.000. Sedangkan untuk uji coba jalur lainnya akan menyusul jika konstruksi sudah selesai dilakukan. Rencananya LRT Jabodebek akan mulai beroperasi pada 2021 mendatang.

(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: