Ini Si Robot Merah Hitam LRV Untuk LRT Jabodebek

lrv untuk lrt jabodebek
Satu unit LRV untuk LRT Jabodebek di pabrik PT INKA | foto: ANTARA News/Virna P. Setyorini

(16/1) – LRV untuk LRT Jabodebek yang dibuat oleh PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun hampir rampung. Sebanyak empat rangkaian formasi 6 LRV (SF6) dinyatakan siap dikirim oleh INKA ke Jakarta pada Juni 2019 mendatang.

Sebanyak 31 rangkaian dengan total 186 unit LRV harus disediakan PT INKA untuk kebutuhan LRT Jabodebek. Pengiriman LRV ke Jakarta menunggu proses pengujian yang akan dilakukan pada Maret 2019, dengan target penyelesaian empat rangkaian pada April 2019.

LRV untuk LRT Jabodebek ini memiliki bentuk yang identik dengan LRV untuk LRT Palembang. LRV Jabodebek diberi warna merah-hitam dengan kelir putih, suatu kombinasi warna yang cukup keren. Kombinasi warna ini berubah dari hasil render awal di mana warna yang diusulkan pada saat itu abu-abu dengan kelir biru.

lrv untuk lrt jabodebek
Tampak depan kereta kabin LRV untuk LRT Jabodebek | foto: ANTARA News/Virna P. Setyorini

Meskipun memiliki bentuk yang identik dengan LRV  Palembang, LRV Jabodebek memiliki banyak sekali perbedaan dengan LRV Palembang. Di antaranya lebar sepur yang digunakan yaitu 1435 mm. Selain itu, LRV Jabodebek menggunakan propulsi buatan Construcciones y Auxiliar de Ferrocarriles (CAF), perusahaan manufaktur perkeretaapian asal Spanyol. Jumlah pintu keluar masuk penumpang pada LRV untuk LRT Jabodebek juga lebih banyak, yaitu tiga pasang pintu per sisi.

LRT Jabodebek rencananya akan mulai beroperasi pada tahun 2021 mendatang, atau molor dua tahun dari target. Hal ini terjadi karena masalah lahan dipo LRT di Bekasi Timur dan lokasi Stasiun Dukuh Atas. (RED/MPF)

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Satu tanggapan untuk “Ini Si Robot Merah Hitam LRV Untuk LRT Jabodebek

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

√ó
%d blogger menyukai ini: