Berita KAInternasionalKereta Api

Nishikigawa Railway Buka Stasiun Baru di Lokasi Antah Berantah

Stasiun Seiryu Miharashi yang dibangun di antah berantah | Twitter @Gota_Kaze_SH11

[19/3]. Ketika perusahaan operator kereta api membangun sebuah stasiun biasanya akan memperhatikan sejumlah faktor penunjang beroperasinya stasiun. Semisal kebutuhan operasional, tingkat okupansi, kepadatan penduduk, atau bahkan perkembangan properti di wilayah itu. Namun apa jadinya jika sebuah stasiun dibangun di antah berantah? Ya inilah Stasiun Seiryu MIharashi yang dioperasikan oleh NIshikigawa Railway.

Lokasi stasiun ini benar-benar antah berantah. Berada di tengah hutan di tengah pegunungan. Lokasinya sendiri berada di bantaran Sungai Nishiki di Iwafuni. Bangunannya pun sederhana, hanya berupa peron yang dibangun di jalur tunggal. Tidak ada loket atau bahkan pintu masuk atau keluar di stasiun ini karena memang tidak ada yang naik dari sini.

Bahkan bisa dibilang, stasiun ini lebih tepat jika disebut sebagai stoplas. Sebenarnya ada jalan raya di seberang sungai tempat stasiun ini berada. Namun tidak ada jembatan penghubung antara stasiun dengan jalan raya.

Namun bukan tanpa alasan kenapa stasiun ini dibangun di tempat yang bahkan tidak ada penduduknya sama sekali. Stasiun ini sengaja dibangun di antah berantah agar para penumpang bisa turun dan menikmati pemandangan di bantaran Sungai Nishiki. Bahkan nama stasiun ini sendiri jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia memiliki arti “Peron Selayang Pandang Hulu Sungai”.

Banyak penumpang maupun wisatawan takjub dengan pemandangan di hulu Sungai Nishiki. Udara yang segar, hutan lebat nan indah, serta suasana gunung yang sejuk dan damai membuat banyak orang datang ke stasiun ini, terutama para pecinta kereta api yang ingin memotret kereta dengan latar suasana di pegunungan.

 

Tak hanya Jepang yang pernah membangun stasiun di lokasi yang antah berantah. Pada 2017 lalu sempat viral di jagat maya Tiongkok stasiun kereta bawah tanah Caojiawan yang berada di Jalur Chongqing Metro LIne 6 yang dibangun di lokasi yang antah berantah. Meski lokasinya antah berantah, namun fasilitas stasiun ini cukup lengkap mulai dari loket, mesin gate, hingga petugas yang berjaga.

 

(RED/BTS)

Soranews

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×