Headway Perjalanan MRT Jadi 5 Menit Sekali Mulai 2 Mei

Rangkaian MRT saat berangkat dari Stasiun ASEAN menuju Lebak Bulus

[30/4]. Sepertinya tak perlu menunggu lama lagi untuk bisa naik MRT. MRT Jakarta akan mempersempit headway perjalanannya mulai 2 Mei mendatang. Headway yang sebelumnya 10 menit sekali dipersempit menjadi 5 menit sekali pada jam sibuk. Hal tersebut disampaikan pihak MRT dalam pertemuan forum jurnalis yang diadakan pada Senin kemarin di Hotel NEO Melawai, Jakarta Selatan.

Dipersempitnya headway perjalanan MRT dilakukan untuk meningkatkan kapasitas angkut serta mengurangi waktu tunggu penumpang di stasiun. Guna memperlancar penyempitan headway, MRT Jakarta sendiri melakukan simulasi pengoperasian dengan headway 5 menit sekali selepas waktu operasional yakni pada pukul 21:00 hingga pukul 3:00. Simulasi dilakukan selama 7 hari yakni pada tanggal 12, 13, 18, 19, 20, 26, dan 27 April 2019.

Jadi nantinya pada jam sibuk yakni pada jam berangkat dan jam pulang kerja di hari kerja, headway perjalanan MRT hanya 5 menit sekali. Sedangkan di luar jam sibuk di hari kerja, akhir pekan, dan libur nasional, headway tetap 10 menit sekali. Selain itu, jumlah trainset yang dijalankan pada hari kerja akan lebih banyak yakni 14 set.

Selain membahas tentang penyempitan headway pada jam sibuk, dijelaskan pula mengenai penangguhan larangan makan dan minum di dalam rangkaian MRT selama Bulan Ramadhan. Mulai 6 Mei penumpang diperbolehkan makan dan minum di dalam kereta saat jam berbuka puasa tiba. Namun makanan yang diperbolehkan hanya yang sifatnya ringan seperti kurma.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: