KAI Operasikan Kereta Angkutan Sepeda

Kereta pembangkit P 0 19 03 yang dapat digunakan untuk mengangkut sepeda | pic: Nurrachman Hafizh

[3/5]. Setelah sekian lama menjadi misteri, akhirnya terungkap kenapa ada gambar sepeda di kereta pembangkit P 0 19 03 milik Dipo Kereta Bandung. KAI kini mengoperasikan layanan angkutan sepeda di KA Argo Parahyangan. Usulan mengenai kereta yang dikhususkan untuk mengangkut sepeda sebenarnya sudah lama diusulkan oleh komunitas gowes dan sejumlah pejabat.

Pada Januari lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan adanya kereta yang dapat digunakan untuk mengangkut sepeda. Lalu sekitar bulan Februari lalu, kereta pembangkit P 0 19 03 milik Dipo Kereta Bandung dibawa ke Balai Yasa Manggarai untuk menjalani modifikasi guna mendukung pengangkutan sepeda dengan kereta.

Gambar sepeda berwarna putih tampak di dinding kereta menandakan kereta pembangkit ini dapat digunakan untuk mengangkut sepeda. Tempat penyimpanan sepeda di dalam kereta pembangkit ini memanfaatkan ruang kosong di dalam kereta. Wall hanger dan penahan sepeda dipasang untuk menyimpan sepeda di dalam kereta.

Tampak ruang penyimpanan sepeda di dalam kereta pembangkit | picture by: Mohammad Silva

Sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan lebih lanjut mengenai prosedur yang harus diikuti penumpang jika hendak mengangkut sepeda menggunakan fasilitas ini. Belum diketahui juga apakah ke depannya angkutan sepeda di kereta pembangkit akan diterapkan juga pada perjalanan KA lainnya atau tidak.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: