Sambut Bandara NYIA, KA Bandara Jogja Akan Segera Beroperasi

Rangkaian KRDE BIAS saat peresmian Solo Express di Stasiun Solo Balapan | picture by: Raka Anugerah

[25/4]. Jelang beroperasinya Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau biasa disebut Bandara Kulon Progo, sejumlah persiapan pun dilakukan. Tak terkecuali dengan kereta api. Jelang pengoperasian Bandara NYIA, PT KAI menyiapkan sejumlah stasiun untuk menyambut pengoperasian KA Bandara Yogyakarta.

Kahumas Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan saat ini pembangunan sejumlah fasilitas penunjang seperti ruang tunggu dan fasilitas lainnya tengah dibangun di beberapa stasiun seperti Wojo, Wates, Yogyakarta, dan Solo Balapan.

Namun tak semua fasilitas dibangun dari awal. Semisal di Stasiun Wates fasilitas penunjang kereta bandara memanfaatkan bekas gudang yang berada barat stasiun. Meski belum resmi beroperasi, namun sudah ada bocoran mengenai rencana jadwal perjalanan KA Bandara Yogyakarta.

Dalam bocoran rencana jadwal yang Tim REDaksi terima, nantinya KA Bandara Yogyakarta akan mengakhiri perjalanan di Stasiun Wojo. Hal tersebut dikarenakan jalur menuju Bandara NYIA masih belum selesai dibangun. Untuk sementara akan ada 4 perjalanan KA Bandara di mana 2 perjalanan dari Maguwo dan 2 perjalanan lagi dari Wojo. Jadwal KA Bandara akan disesuaikan dengan perjalanan pesawat yang datang dan berangkat di NYIA.

Selain KA Bandara, KA Prameks dan KA Solo Express akan diberhentikan di Stasiun Wojo dan disesuaikan jadwalnya dengan kedatangan dan keberangkatan pesawat di Bandara NYIA. Karena jalur dari Wojo ke NYIA masih belum jadi, nantinya penumpang KA Bandara, Prameks, ataupun Solo Express yang hendak menuju bandara akan diantar dari Stasiun Wojo ke bandara menggunakan shuttle bus

Berikut adalah rencana jadwal perjalanan KA Bandara Yogyakarta. Perlu diingat jadwal ini masih rencana, belum fix dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Bandara NYIA atau Bandara Kulon Progo rencananya akan mulai beroperasi pada akhir April ini. Sampai berita ini diturunkan pembangunan terminal penumpang baru mencapai 20 persen. Ke depannya seluruh penerbangan sipil dari dan menuju Yogyakarta baik domestik ataupun internasional akan dipindahkan ke NYIA. Sedangkan Bandara Adi Sucipto sendiri nantinya akan dikhusukan sebagai pangkalan TNI Angkatan Udara.

(RED/BTS)

Jogja.co

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: