Kereta Eksekutif Sleeper Generasi Kedua Jalani Uji Dinamis

Rangkaian kereta eksekutif Sleeper generasi 2 saat berangkat dari Stasiun Madiun | picture by: Muhammad S. Fadhil

[10/5]. Setelah cukup lama tersembunyi dibalik dinding pabrik INKA, akhirnya kereta eksekutif sleeper generasi kedua muncul ke lintas. Pagi tadi rangkaian kereta eksekutif sleeper generasi dua menjalani uji dinamis dengan rute Madiun – Solo – Purwokerto – Cirebon – Semarang – Solo – Madiun.

Sebanyak 6 kereta eksekutif sleeper generasi kedua diujicoba. Kereta yang diujicoba adalah kereta dengan nomor seri K1 0 19 45 hingga 50 yang dirangkai bersama satu kereta pembangkit dan satu kereta makan. Uji dinamis didalangi oleh lokomotif CC 201 89 07 milik Dipo Lokomotif Madiun. Kereta berangkat dari Madiun sekitar pukul 7 pagi dan tiba di Cirebon pada siang hari. Dan rangkaian tiba kembali di Madiun pada malam hari.

Sekilas jika dilihat dari luar tidak ada bedanya kereta eksekutif sleeper generasi 2 dengan generasi 1, sama-sama stainless dan sama-sama memiliki livery ombak emas. Perbedaan terlihat jelas di dalam kereta, kursi kereta yang digunakan oleh kereta eksekutif sleeper generasi 2 sepenuhnya berbeda dari generasi 1. Untuk susunan kursinya sendiri sama seperti generasi 1 yakni 2-1.

View this post on Instagram

Gambir pasar turi..iso tiduran kyk peswat terbang ya …

A post shared by ANNA MU (@anna_kasnadi) on

Bentuk kursinya jauh berbeda dibandingkan generasi 1. Di generasi 2 kursi kereta didesain memiliki selubung berbentuk seperti cangkang telur untuk membatasi kursi. Di selubung tersebut terdapat PID untuk fasilitas hiburan penumpang. Jok kereta memiliki warna kombinasi abu-abu dan biru agar sesuai dengan selubungnya yang berwarna putih.

View this post on Instagram

..karya anak bangsa makin kueereen # PT INKA

A post shared by ANNA MU (@anna_kasnadi) on

Belum diketahui secara pasti kapan dan di mana kereta eksekutif sleeper generasi dua akan beroperasi. Namun jika dilihat dari jumlah kereta yang diproduksi kemungkinan kereta akan disebar ke sejumlah perjalanan KA eksekutif jarak jauh. Bagaimana kah pastinya? Kita lihat saja nanti.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: