Perjalanan KRL Terganggu Akibat Kebakaran di Permukiman Depan Stasiun Kampung Bandan

Kebakaran yang terjadi di depan Stasiun Kampung Bandan siang tadi | picture by: Wahyu Suharyadi via KRL Mania

[11/5]. Di hari keenam Bulan Ramadhan ini kebakaran besar terjadi di Kampung Bandan. Kebakaran terjadi di permukiman padat penduduk di depan pintu keluar Stasiun Kampung Bandan arah Harco Mangga Dua siang tadi. Api dengan cepat melahap rumah-rumah yang kebanyakan terbuat dari material yang mudah terbakar.

Permukiman yang terbakar berada di RT 11 RW 05, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Warga yang rumahnya terbakar berusaha menyelamatkan harta bendanya yang bisa diselamatkan. Sebanyak 20 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api. Akses jalan menuju permukiman di depan stasiun yang sempit menyulitkan petugas untuk menjangkau lokasi kejadian.

Kebakaran bermula sekitar pukul setengah 3 sore. Lokasi kebakaran yang tepat berada di depan stasiun membuat Tim Operasi Daop 1 Jakarta terus memantau kondisi Stasiun Kampung Bandan untuk memastikan api tidak merembet ke stasiun dan membahayakan operasional kereta api. KA 2326 Commuter Line Jakarta Kota – Tanjung Priok sempat berhenti di Kampung Bandan saat kebakaran membesar sebelum akhirnya diberangkatkan kembali.

KA 2326 Commuter Line Jakarta Kota – Tanjung Priok yang berhenti di Stasiun Kampung Bandan saat kebakaran terjadi | picture by: Wahyu Suharyadi via KRL Mania

Listrik aliran atas di petak antara Duri – Rajawali dan Jakarta Kota – Ancol dimatikan untuk alasan keselamatan. Akibatnya perjalanan KRL Bogor – Jatinegara dipotong relasinya hanya sampai Angke dan untuk arah sebaliknya serta KRL Bekasi via Pasar Senen dialihkan lewat Manggarai. KRL Feeder Kampung Bandan dan KRL Priok dibatalkan perjalanannya.

Listrik aliran atas kembali dinyalakan dan operasional KRL kembali normal setelah api berhasil dipadamkan pada pukul 17:20. Penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan oleh pihak yang berwenang. Meski kebakaran yang terjadi cukup besar, untungnya tidak terjadi kerusakan yang serius pada bangunan Stasiun Kampung Bandan.

(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: