Berita KAInternasionalKereta Api

Dua Lokomotif CC 205 Dipulangkan ke Amerika Serikat

Lokomotif CC 205 32 dan CC 205 21 yang diangkut menggunakan gerbong datar di Texas | West Texas Railfanning

[10/5]. Lokomotif Amerika bedhol deso kini bukan lagi mitos. Dua unit lokomotif CC 205 dipulangkan ke Amerika Serikat. Kedua lokomotif yang dipulangkan adalah CC 205 32 (CC 205 13 15) dan CC 205 21 (CC 205 13 26). Keduanya tiba di Amerika sekitar akhir April lalu. Keduanya tertangkap kamera di kawasan Texas Barat.

Keduanya diangkut menggunakan gerbong datar yang ditarik lokomotif milik operator BNSF. Belum diketahui secara pasti ke mana kedua lokomotif ini dibawa. Sejumlah spekulasi bermunculan, ada yang mengatakan keduanya dibawa ke pabrik EMD di Illinois ada pula yang mengatakan akan dibawa ke pabrik EMD di San Luis Potosi, Meksiko.

Kedua lokomotif ini rencananya akan menjalani perbaikan total di Amerika. Keduanya merupakan lokomotif yang menjadi korban PLH Negeri Agung pada 6 Oktober 2015 lalu. Keduanya menabrak gerbong paling belakang rangkaian Babaranjang yang tengah menunggu susulan di Stasiun Negeri Agung dan mengakibatkan kerusakan tidak hanya pada bodi tapi juga pada komputer lokomotif.

Perbaikan tidak dilakukan di Indonesia karena EMD belum bekerjasama dengan pabrikan kereta api Indonesia (INKA-red) ataupun balai yasa di Indonesia. Selain itu, kedua lokomotif ini masih mendapatkan garansi dari EMD. Tidak diketahui kapan keduanya akan selesai diperbaiki dan kembali ke Indonesia.

(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


2 komentar pada “Dua Lokomotif CC 205 Dipulangkan ke Amerika Serikat

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×