Rangkaian KRDI Way Umpu Dipulangkan ke Jawa

Rangkaian KRDI Way Umpu semasa masih berdinas dan mengalami trouble | picture by: Richard Hermawan

[17/5]. Setelah hampir 7 tahun lamanya melayani penumpang di Bumi Ruwa Jurai, rangkaian KRDI yang dipakai KA Way Umpu harus kembali pulang ke Tanah Jawa. Selasa (14/5) rangkaian KRDI Way Umpu dikirim dari Dipo Tanjung Karang ke Stasiun Pidada untuk dipulangkan kembali ke Pulau Jawa. Rangkaian KRDI Way Umpu nantinya akan dikirim ke Yogyakarta dan digunakan sebagai rangkaian KA Bandara YIA.

Dari Tanjungkarang, rangkaian ditarik dalam keadaan dingin menggunakan lokomotif CC 201 83 55. Rangkaian berangkat dari Tanjungkarang sekitar pukul 10  dan tiba di Pidada pada sore hari. Dari Pidada rangkaian dinaikan ke atas truk untuk dibawa ke dermaga Pelabuhan Panjang sebelum dinaikan ke atas kapal dan berlayar menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

Rangkaian KRDI Way Umpu saat dinaikan ke atas truk untuk dibawa ke Pelabuhan Panjang | picture by: Aldi

Rangkaian dibawa ke Tanjung Priok menggunakan kapal Bintang Samudera 2 berbendera Indonesia. Kapal berangkat dari Pelabuhan Panjang pada Rabu dan tiba di Tanjung Priok pada Kamis tengah malam.

Dari pelabuhan rangkaian akan dibawa menggunakan truk menuju Stasiun Pasoso sebelum dibawa ke Stasiun Tanjung Priok. Rencananya rangkaian akan diinapkan di Dipo Lokomotif Tanah Abang sebelum dibawa menuju Balai Yasa Pengok lewat jalur rel guna menjalani perawatan sebelum berdinas sebagai KA Bandara YIA.

Selain Way Umpu, rangkaian KRDI Seminung juga dimutasi ke Sumatera Barat. Rencananya rangkaian KRDI Seminung akan digunakan sebagai rangkaian cadangan KA Bandara Minangkabau. Nantinya perjalanan Way Umpu dan Seminung yang sebelumnya dilayani oleh rangkaian KRDI akan digantikan dengan rangkaian kereta bisnis eks Limex Sriwijaya.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: