Mulai 1 Juli Layanan Kereta Api Bangkok – Perbatasan Kamboja Dibuka

Rangkaian KRD saat memasuki Stasiun Ban Klong Luk Border yang berada di perbatasan Thailand – Kamboja | Thodsapol Hongtong / Bangkok Post

[29/6]. Perusahaan kereta api nasional Thailand, SRT, akan kembali mengoperasikan layanan kereta api reguler dari ibukota Bangkok ke perbatasan Kamboja pada 1 Juli mendatang. Pembukaan kembali perjalanan dilakukan setelah revitalisasi jalur telah selesai dan jalur dinyatakan siap untuk beroperasi.

Gubernur SRT Worawut Mala mengatakan nantinya akan ada empat perjalanan KA relasi Bangkok – Ban Klong Luk Border setiap harinya di mana 2 KA dari Bangkok dan 2 lagi dari Ban Klong Luk. Untuk tarifnya sendiri dipatok hanya 49 Baht atau sekitar Rp 22.500 untuk sekali jalan. Tiketnya sendiri dapat dipesan di loket atau di website resmi SRT.

Sebelumnya Thailand dan Kamboja telah menandatangani perjanjian dibukanya jalur kereta api yang menghubungkan kedua negara. Pada 22 April lalu SRT mengoperasikan rangkaian KRD ke Stasiun Ban Klong Luk Border untuk membuka stasiun. Meski Thailand telah siap untuk mengoperasikan kereta ke perbatasan, sayangnya belum diketahui kapan Kamboja mengoperasikan perjalanan kereta reguler ke perbatasannya.

Jalur kereta api yang menghubungkan Thailand dan Kamboja ditutup sekitar tahun 1974 akibat perang saudara yang berkecamuk di Kamboja. Infrastruktur perkeretaapian di Kamboja rusak berat hingga hancur akibat perang yang terjadi. Worawut memperkirakan dibukanya jalur kereta api ke perbatasan Kamboja dapat mempermudah masyarakat dan turis yang ingin menuju Kamboja dari Thailand.

(RED/BTS)

Bangkok Post

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: