Bangunan Eks Kantor SJS Terbakar

Bangunan kantor SJS yang hangus terbakar pada Rabu dini hari | picture by: Johanes Christiono via MIK Semar

[11/7]. Satu lagi aset sejarah perkeretaapian Indonesia hangus dilalap si jago merah. Rabu dini hari kemarin bangunan eks kantor Semarang Joeana Stoomtram Maatschapij (SJS) yang berada di bekas Balai Yasa Pengapon hangus terbakar. Api melalap lantai dua bangunan.

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang diturunkan guna memadamkan api yang membakar bangunan bersejarah tersebut. Api berhasil dipadamkan pada Rabu pagi. Garis polisi dipasang di sekitar bangunan untuk mencegah masyarakat masuk ke dalam.

Meski sempat terbakar, namun beruntung bangunan kantor masih utuh. Tapi sayangnya atap trapesium yang menjadi ciri khas bangunan ini rubuh karena dilalap si jago merah.

Struktur bangunan eks kantor SJS yang masih berdiri pasca kebakaran | picture by: Suwito Wito

Bangunan eks kantor SJS ini bisa dibilang sangatlah bersejarah bagi perkeretaapian Indonesia. Kantor ini berada di kawasan Balai Yasa Pengapon yang merupakan bagian dari jalur kereta api pertama di Indonesia, Samarang – Tanggung.

Sayangnya meski sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh PT KAI, bangunan yang menjadi saksi bisu jalur kereta api pertama di Indonesia ini kondisinya terbengkalai. Cat kusam, kondisi bangunan yang rusak, serta air rob yang merendam membuat bangunan ini terlihat tidak terawat. Bahkan beberapa material bangunan dijarah oleh oknum yang tak bertanggungjawab.

Kondisi bangunan kantor SJS sebelum terbakar | jonolennon.wordpress.com

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: