Bangunan Eks Kantor SJS Terbakar

Bangunan kantor SJS yang hangus terbakar pada Rabu dini hari | picture by: Johanes Christiono via MIK Semar

[11/7]. Satu lagi aset sejarah perkeretaapian Indonesia hangus dilalap si jago merah. Rabu dini hari kemarin bangunan eks kantor Semarang Joeana Stoomtram Maatschapij (SJS) yang berada di bekas Balai Yasa Pengapon hangus terbakar. Api melalap lantai dua bangunan.

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang diturunkan guna memadamkan api yang membakar bangunan bersejarah tersebut. Api berhasil dipadamkan pada Rabu pagi. Garis polisi dipasang di sekitar bangunan untuk mencegah masyarakat masuk ke dalam.

Meski sempat terbakar, namun beruntung bangunan kantor masih utuh. Tapi sayangnya atap trapesium yang menjadi ciri khas bangunan ini rubuh karena dilalap si jago merah.

Struktur bangunan eks kantor SJS yang masih berdiri pasca kebakaran | picture by: Suwito Wito

Bangunan eks kantor SJS ini bisa dibilang sangatlah bersejarah bagi perkeretaapian Indonesia. Kantor ini berada di kawasan Balai Yasa Pengapon yang merupakan bagian dari jalur kereta api pertama di Indonesia, Samarang – Tanggung.

Sayangnya meski sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh PT KAI, bangunan yang menjadi saksi bisu jalur kereta api pertama di Indonesia ini kondisinya terbengkalai. Cat kusam, kondisi bangunan yang rusak, serta air rob yang merendam membuat bangunan ini terlihat tidak terawat. Bahkan beberapa material bangunan dijarah oleh oknum yang tak bertanggungjawab.

Kondisi bangunan kantor SJS sebelum terbakar | jonolennon.wordpress.com

(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×