Rangkaian KRL Buatan Tiongkok Jalani Debut di Boston Subway

Pecinta kereta dan jurnalis saat mengabadikan perjalanan perdana rangkaian KRL Tiongkok di Jalur T Orange, Boston | People’s Daily

[16/8]. Perang dagang yang melibatkan Amerika Serikat dan Tiongkok ternyata tidak berpengaruh banyak pada rencana operasional perkeretaapian di Negeri Paman Sam. Massachusetts Bay Transportation Authority (MBTA) mulai mengoperasikan rangkaian KRL buatan Tiongkok pertamanya di Jalur T Orange pada Rabu kemarin.

Rangkaian berwarna oranye ini merupakan rangkaian pertama yang dipesan MBTA kepada CRRC sejak 2018 lalu. Rangkaian baru ini melayani perjalanan dari Jamaica Plain di pinggiran Boston hingga Oak Grove di Maiden sejauh 18 kilometer. Meski buatan Tiongkok, namun rangkaian kereta sendiri dirakit di Amerika Serikat, lebih tepatnya di Springfield, Oregon.

Tampak bagian dalam rangkaian buatan CRRC yang dioperasikan oleh MBTA | Angela Rowlings/MediaNews Group/Boston Herald

Satu set rangkaian buatan Tiongkok ini terdiri atas 6 kereta. Pihak MBTA sendiri mengatakan ada sejumlah keunggulan dari rangkaian buatan Tiongkok ini seperti pintu yang lebih lebar sehingga memudahkan arus keluar dan masuk penumpang serta interior yang lebih luas sehingga bisa mengangkut penumpang lebih banyak.

MBTA sendiri berencana untuk membeli 152 rangkaian KRL baru dari Tiongkok yang nantinya dioperasikan di Jalur Orange untuk menggantikan rangkaian buata Hawker Siddeley Canada yang sudah dioperasikan sejak 1979.

(RED/BTS)

Boston Herald

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: