Berita KAInternasionalKereta Api

Rangkaian KRL Buatan Tiongkok Jalani Debut di Boston Subway

Pecinta kereta dan jurnalis saat mengabadikan perjalanan perdana rangkaian KRL Tiongkok di Jalur T Orange, Boston | People’s Daily

[16/8]. Perang dagang yang melibatkan Amerika Serikat dan Tiongkok ternyata tidak berpengaruh banyak pada rencana operasional perkeretaapian di Negeri Paman Sam. Massachusetts Bay Transportation Authority (MBTA) mulai mengoperasikan rangkaian KRL buatan Tiongkok pertamanya di Jalur T Orange pada Rabu kemarin.

Rangkaian berwarna oranye ini merupakan rangkaian pertama yang dipesan MBTA kepada CRRC sejak 2018 lalu. Rangkaian baru ini melayani perjalanan dari Jamaica Plain di pinggiran Boston hingga Oak Grove di Maiden sejauh 18 kilometer. Meski buatan Tiongkok, namun rangkaian kereta sendiri dirakit di Amerika Serikat, lebih tepatnya di Springfield, Oregon.

Tampak bagian dalam rangkaian buatan CRRC yang dioperasikan oleh MBTA | Angela Rowlings/MediaNews Group/Boston Herald

Satu set rangkaian buatan Tiongkok ini terdiri atas 6 kereta. Pihak MBTA sendiri mengatakan ada sejumlah keunggulan dari rangkaian buatan Tiongkok ini seperti pintu yang lebih lebar sehingga memudahkan arus keluar dan masuk penumpang serta interior yang lebih luas sehingga bisa mengangkut penumpang lebih banyak.

MBTA sendiri berencana untuk membeli 152 rangkaian KRL baru dari Tiongkok yang nantinya dioperasikan di Jalur Orange untuk menggantikan rangkaian buata Hawker Siddeley Canada yang sudah dioperasikan sejak 1979.

(RED/BTS)

Boston Herald

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×