Jalur KA Cibatu – Garut Diujicoba Dengan MPJR

Mesin perbaikan jalan rel (MPJR) SR 3 15 02 saat melakukan uji coba Jalur Cibatu – Garut dari Stasiun Cibatu hingga sinyal masuk Cibatu | Youtube Yusril Rizky Pratama

[19/9]. Setelah hampir 36 tahun lamanya tertidur, Jalur KA Cibatu – Garut akhirnya akan segera menemui sang pujaan hatinya. Siang tadi Jalur Cibatu – Garut mulai diujicoba menggunakan mesin perbaikan jalan rel (MPJR). Uji coba perdana ini dilakukan menggunakan MPJR berjenis multi tamping tire (MTT) 09-32 CSM dengan nomor seri SR 3 15 02.

Uji coba perdana ini cukup pendek yakni hanya dari Stasiun Cibatu hingga sinyal masuk Cibatu pihak Garut dan kembali lagi. MPJR melaju dengan kecepatan 20 km/jam karena kondisi jalur yang masih baru dan belum stabil. Uji coba perdana ini disambut antusias oleh warga sekitar yang sudah sangat lama tidak melihat adanya KA yang melintas di jalur ini.

Belum diketahui secara pasti untuk apa uji coba perdana ini dilakukan. Namun dari sejumlah informasi yang Tim REDaksi dapatkan kemungkinan uji coba perdana ini dilakukan jelang uji jalur yang akan segera dilakukan dari Cibatu hingga Wanaraja.

Reaktivasi Jalur Cibatu – Garut sendiri sudah hampir tuntas untuk segmen Cibatu – Wanaraja. Sebagian besar rel di segmen ini sudah terpasang. Bahkan sistem persinyalan pun sudah terpasang di sinyal masuk Stasiun Cibatu pihak Garut. Revitalisasi Stasiun Pasirjengkol dan Wanaraja terus dikebut jelang uji coba.

Jembatan di sepanjang jalur ini diperkuat untuk menopang beban lokomotif yang lebih berat. Rencananya Jalur Cibatu – Garut akan mulai beroperasi pada akhir 2019 ini.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: