#STMmelawan: Pelajar Bentrok Dengan Polisi di Dekat Stasiun Palmerah

Pelajar yang berkumpul di perlintasan Stasiun Palmerah dalam bentrok yang terjadi siang tadi | Kompas.com

[25/9]. Bentrokan antara polisi dan pelajar pecah di PJL 41 Pejompongan dan PJL 43 Kompas di belakang Gedung DPR/MPR siang tadi. Pelajar berseragam Pramuka dan SMA berkumpul di PJL 41 Pejompongan dan PJL 43 Kompas sembari berorasi dan meneriakkan yel-yel. Tak lama berselang bentrokan pecah antara pelajar dan polisi.

Massa pelajar melemparkan batu dari jalur kereta api ke arah barikade polisi yang bersiaga di Jl. Tentara Pelajar dan Jl. Lapangan Tembak. Dari sejumlah sumber diketahui pelajar-pelajar tersebut adalah pelajar STM yang berasal dari beberapa sekolah di Jabodetabek.

Guna mengamankan stasiun dan perjalanan kereta, PT KAI Daop 1 Jakarta dan KCI menurunkan personil keamanan tambahan. Perjalanan KRL di Lintas Kulon sempat melambat saat memasuki Stasiun Palmerah akibat kerusuhan yang terjadi. Akibat situasi yang semakin tak kondusif di sekitar Stasiun Palmerah, petak antara Stasiun Kebayoran hingga Stasiun Tanah Abang ditutup dari lalu lintas kereta api sekitar pukul 17:46.

Perjalanan KRL pertama yang dipotong adalah KA 2039 Commuter Line Parung Panjang – Tanah Abang yang perjalanannya dipotong hanya sampai Stasiun Serpong. Perjalanan KRL di Lintas Kulon dipotong hanya sampai Stasiun Kebayoran sebelum diberangkatkan kembali ke Serpong, Parung Panjang, Maja, dan Rangkasbitung.

Sedangkan KRL dari Tanah Abang tidak bisa diberangkatkan. Akibatnya penumpukan penumpang terjadi di Stasiun Tanah Abang.

Pemotongan perjalanan dilakukan hingga situasi di sekitar Stasiun Palmerah dan Gedung DPR benar-benar kondusif. Sementara itu Transjakarta melakukan pemotongan dan pengalihan perjalanan pada sejumlah rute bus pada hari ini akibat banyaknya massa yang berkumpul di sekitar Gedung DPR/MPR.

Rute Transjakarta yang dialihkan perjalananannya di antarnya adalah 10H Blok M – Tanjung Priok, S41 Pondok Cabe – Tanah Abang, B21 Bekasi Timur – Grogol, 6Q Casablanca – Epicentrum, 9 Pinang Ranti – Pluit, 9A PGC2 – Pluit, 4A TU Gas – Grogol.

Untuk rute Transjakarta yang dihentikan operasionalnya di antaranya adalah 1B Stasiun Palmerah – Tosari, 1F Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan, 9E Kebayoran Lama – Grogol, 8C Kebayoran Lama – Tanah Abang, 9K Kampung Rambutan – Grogol, 9B Pinang Ranti – Kota, 9C Pinang Ranti – Bundaran Senayan, 9M Pinang Ranti – Kuningan, 6B Ragunan – Monas, 3F Kalideres – GBK.

Sedangkan untuk rute Transjakarta yang perjalanannya dipotong di antaranya adalah T11 Bundaran Senayan – Poris dan B11 Sumarrecon Bekasi – Tosari. Untuk perjalanan MRT Jakarta sama seperti kemarin tetap beroperasi normal seperti biasanya.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: