Beginilah Tampilan Baru C-KRDE AC Prameks

Tampilan kabin non sambungan C-KRDE AC yang kini berwarna putih | picture: Oktavino Hiu Adi Tirtayasa

[3/10]. Menyusul KRDI eks Way Umpu, rangkaian C-KRDE AC Prameks ikut berganti livery. KRDE AC yang sebelumnya berwarna merah kini telah berganti menjadi putih.

C-KRDE AC Prameks dengan livery baru pertama kali muncul saat rangkaian dilangsir keluar Balai Yasa Pengok pada Senin kemarin. Rangkaian C-KRDE AC pertama yang mendapat livery baru adalah C-KRDE set 1 atau set K3 2 11 01 – 05.

Agak sedikit berbeda dengan KRDI eks Way Umpu, pada livery baru C-KRDE AC Prameks tidak terdapat warna hijau pada bagian mukanya. Bagian muka KRDE diwarnai putih polos.

Sedangkan livery sampingnya sendiri sama seperti KRDI eks Way Umpu yakni putih dengan garis hijau di bagian atas kereta dan dan oranye di bagian bawah kereta serta ornamen batik khas Jogja berwarna emas. Perbedaan livery hanya terdapat di pintu.

Pada KRDI eks Way Umpu pintu kereta diwarnai hijau sedangkan pada C-KRDE Prameks pintu kereta diwarnai abu-abu seperti pintu asli KRL BN HOLEC.

Livery samping baru C-KRDE AC yang sama seperti KRDI eks Way Umpu | picture: Oktavino Hiu Adi Tirtayasa

Tak hanya berganti livery, modifikasi sedang juga dilakukan oleh Balai Yasa Pengok. Pintu tengah yang ada di kabin sambungan dihilangkan. Jendela kereta dibuat lebar seperti pada kabin non sambungan. Lampu depan yang sebelumnya berada di bawah display tujuan dipindah menjadi di sampingnya.

Modifikasi dilakukan karena pintu tengah di kabin sambungan tak lagi diperlukan pada rangkaian Prameks. Pasalnya selama berdinas menjadi Prameks maupun KA Bandara Kualanamu pintu sambungan tak pernah digunakan seperti ketika C-KRDE pertama kali berdinas sebagai KA Kaligangsa.

Tampilan muka C-KRDE AC eks kabin sambungan yang pintu tengahnya dihilangkan | picture by: Oktavino Hiu Adi Tirtayasa

Meski berganti livery, rangkaian C-KRDE akan tetap dioperasikan sebagai sarana Prameks. Meski demikian, Prameks akan akan menjadi backup angkutan penumpang untuk KA Bandara Yogyakarta dengan berhenti secara reguler di Stasiun Wojo.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: