Jalur LRT Otomatis Gimpo Gold Resmi Beroperasi

Rangkaian LRV yang digunakan di Jalur LRT Otomatis Gimpo Gold | Railway Gazette

[1/10]. Seoul Metro meresmikan jalur LRT terbarunya yakni Jalur Gimpo Gold. Peresmian dilakukan pada tanggal 28 September lalu dengan dibukanya jalur LRT ini untuk umum. Pembukaan Jalur Gimpo Gold sendiri terlambat hampir 1 tahun dari yang rencananya dibuka pada November 2018. Namun karena satu dan lain hal pembukaan jalur terpaksa ditunda.

Jalur Gimpo Gold sendiri menghubungkan wilayah barat laut Seoul yakni Yangchon dengan Bandara Internasional Gimpo sejauh 23,67 kilometer. Terdapat 10 stasiun perhentian di sepanjang jalur ini. Jalur ini sendiri terkoneksi dengan layanan Jalur Metro 5, Metro 9, dan AREX Airport Express.

Jalur Gimpo Gold mulai dibangun pada tahun 2014 oleh Badan Perkeretaapian Korea Selatan bersama dengan Seoul Metro. Pembangunan Jalur Gimpo Gold membutuhkan dana sebesar 1,6 triliun Won. Dana tersebut merupakan dana patiungan dari investasi yang dilakukan oleh Korea Land & Housing Corp dan Pemerintah Kota Gimpo.

Untuk sarana yang digunakan, jalur ini menggunakan LRV Hyundai Rottem seri 1000, seri yang sama seperti yang digunakan oleh LRT Jakarta. Sebanyak 23 set atau 46 unit LRV seri 1000 dibuat oleh Hyundai Rottem untuk Jalur Gimpo Gold. Bedanya rangkaian LRV yang digunakan Jalur Gimpo Gold dioperasikan menggunakan automatic train operation (ATO) alias tanpa masinis.

Jalur Gimpo Gold beroperasi dari pukul 5:30 hingga pukul 1:00 waktu Korea Selatan. Jeda antar kereta bisa dibilang cukup singkat yakni 3 hingga 4 menit pada jam sibuk dan 6 hingga 12 menit di luar jam sibuk. Perjalanan Yangchon ke Bandara Internasional Gimpo dapat ditempuh hanya selama setengah jam saja.

(RED/BTS)

Railjournal

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

√ó