Joban Local Line Akan Dipasang Sistem ATO

[10/10] East Japan Railway Company (JR East) kali ini melakukan satu lagi terobosan di bidang perkeretaapian wilayah Tokyo. Pasalnya, pada 8 Oktober lalu pihaknya mengumumkan akan memasang sistem ATO di Joban Line, tepatnya di Joban Local Line. Sistem ATO yang dipilih adalah sistem buatan Thales sebagai pemenang tender tahun 2013 lalu.

Seperti yang dilansir dari Railway Gazette, pemasangan ATO ini direncanakan akan dilakukan di sektor sepanjang 29,7 km dari Stasiun Ayase hingga Stasiun Toride untuk menggantikan sistem ATC (Automatic Train Control) yang sekarang digunakan. Sektor ini notabene juga dioperasikan layanan through service ke Tokyo Metro Chiyoda Line, dengan armada dari JR East yaitu KRL Seri E233-2000. Tidak hanya penambahan ATO saja, juga akan dilakukan penambahan pintu peron atau platform screen doors di stasiun untuk peningkatan keselamatan perjalanan KA.

Pemasangan ATO ini sejalan dengan program JR East yaitu “Smart Train” yang mencakup berbagai aspek operasional, perawatan, dan keselamatan. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan operasi kereta tanpa masinis di masa yang akan datang. Sebelumnya, Yamanote Line juga sudah dilakukan eksperimentasi otomatisasi operasional KA awal tahun ini. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×