16 Orang Tewas Dalam Tabrakan Kereta di Bangladesh

Kereta yang ringsek nyaris tak berbentuk akibat tabrakan di Bangladesh Selasa kemarin | Metro.co.uk

[13/11]. Setidaknya 16 orang tewas dan 53 lainnya luka-luka dalam tabrakan kereta api di Stasiun Mondhobag, Kasba, Bangladesh pada Selasa kemarin. Insiden ini menyebabkan 3 kereta ringsek nyaris tak berbentuk.

Kereta yang bertabrakan adalah KA Turna Nishitha tujuan Chittagong dan KA Udayan tujuan Dhaka. Pejabat distrik setempat Hayat ud Dhoula Khan mengatakan peristiwa bermula saat KA Turna Nishitha berhenti di Stasiun Mondhobag untuk disusul KA Udayan pada pukul 3 pagi waktu setempat.

Entah bagaimana bisa, kedua KA yang seharusnya berada di jalur yang berbeda bisa berada di jalur yang sama. KA Udayan yang melaju dengan kecepatan tinggi memasuki Stasiun Mondhobag. Alhasil tabrakan pun tak bisa dihindari.

Regu penyelamat saat berada di tengah reruntuhan kereta yang bertabrakan | Metro.co.uk

Bangladesh Railway mengatakan kepada media bahwa tabrakan ini disebabkan oleh pelanggaran aspek sinyal. Akibat tabrakan ini, layanan KA dari dan menuju Dhaka dihentikan sementara sampai proses evakuasi selesai dilakukan. Proses investigasi tengah dilakukan oleh pihak yang berwenang.

Kecelakaan kereta api merupakan hal yang biasa terjadi di Bangladesh dan beberapa negara Asia Selatan lainnya. Berdasarkan data dari media swasta Shipping and Communication Reporters Forum (SCRF), dari 1 Januari 2019 hingga 30 Juni 2019 saja tercatat sebanyak 202 kecelakaan kereta api terjadi di Asia Selatan. Infrastruktur yang buruk ditambah lemahnya penegakan aturan menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan.

(RED/BTS)

Metro.co.uk

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: