Melihat Lebih Dekat Odakyu Seri New 5000

Tampak bagian depan Odakyu seri new 5000 | Trafficnews

[12/11]. Setelah sebelumnya dikirim dari pabriknya, rangkaian Odakyu seri new 5000 diperlihatkan kepada publik pada Senin kemarin. Odakyu mengundang jurnalis dan pecinta kereta api untuk melihat lebih dekat rangkaian pertama Odakyu new 5000 yakni set 5051 di Dipo Karakida, Kota Tama, Tokyo.

Bagian muka kereta memiliki bentuk yang hampir mirip dengan JR E233. Hanya saja bagian muka Odakyu seri new 5000 sepenuhnya dilapisi dengan kaca. Lampu kereta ditempatkan di bawah kereta.

Banyak pecinta kereta api Indonesia yang salah fokus dengan desain muka Odakyu seri new 5000 karena bentuknya yang nyaris mirip dengan kereta istimewa dan KAIS 3 alias “angkot ayah”.

Kereta diberi livery biru muda-biru langit yang menjadi identitas baru kereta lokal Odakyu.

Setelah membahas eksterior, kini kita bahas interiornya. Interior kereta memadukan konsep modern dan tradisional Jepang. Lantai dengan corak seperti kayu memberikan suasana tradisional di dalam kereta.

Bangku kereta diberi warna kuning emas kecuali bangku prioritas yang diberi warna biru.

Pintu kereta didesain lebih lebar untuk memudahkan penumpang keluar dan masuk kereta. Display LCD ditempatkan di atas pintu untuk informasi dan iklan. Pintu sambungan dibuat bening dan sepenuhnya dibuat dari kaca.

Selanjutnya adalah kabin masinis. Kabin masinis terasa luas dan lapang. Meja layanan juga lebih ringkas karena sejumlah tombol dan modul diatur melalui layar LCD.

Satu set Odakyu seri new 5000 terdiri atas 10 kereta dengan kapasitas angkut mencapai 1.528 orang. Ini merupakan kali pertama bagi Odakyu mendapatkan sarana baru dalam 12 tahun terakhir setelah Odakyu seri 4000 beroperasi pada tahun 2007.

Penomoran seri ini sempat membingungkan sejumlah pecinta kereta api. Pasalnya sebelum seri ini diproduksi, sudah ada Odakyu seri 5000 yang beroperasi dari tahun 1969 hingga 2012. Rencananya sebanyak 60 unit atau 6 set Odakyu seri new 5000 akan diproduksi hingga tahun 2020 mendatang untuk memenuhi kebutuhan sarana di Jalur Odakyu.

(RED/BTS)

Trafficnews

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: