71 Orang Tewas Dalam Kebakaran Kereta di Pakistan

Rangkaian kereta yang hangus terbakar akibat ledakan tabung gas di Pakistan | Stringer / Reauters

[2/11]. Peristiwa luar biasa hebat kembali terjadi di Pakistan. 74 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka setelah tiga kereta dari rangkaian KA relasi Karachi – Ralwapindi hangus terbakar di Rakhim Yar Khan, Punjabi, Pakistan pada Rabu kemarin. Ketiga kereta habis dilalap si jago merah.

Api berasal dari kompor gas yang dibawa seorang penumpang. Kebakaran bermula pada saat seorang penumpang memasak sarapan pagi menggunakan kompor gas portable. Namun sayang tabung gas yang digunakan untuk kompor portable yang dipakai memasak bocor dan meledak. Kebakaran pun tak bisa dihindari.

Sebenarnya ada larangan bagi penumpang untuk membawa kompor dan memasak di dalam kereta. Namun sebagian besar penumpang yang tak memiliki budget yang cukup untuk melakukan perjalanan seringkali melanggar aturan tersebut untuk menghemat biaya makan.

Api dengan cepat merambat ke dua kereta penumpang yang pada saat itu penuh dengan penumpang. Mereka yang masih tertidur lelap tak sempat menyelamatkan diri dan tewas terpanggang di dalam kereta. Beruntung api tak menyebar ke kereta lainnya. Sebagian besar korban adalah penumpang yang duduk di kereta 11, 12, dan 13.

Saat kejadian kereta memang sedang padat oleh penumpang yang hendak menuju Kota Raiwind di dekat Lahore untuk merayakan upacara keagamaan yang diadakan oleh organisasi Muslim Sunni Jamaat Tablighi.

Berdasarkan kesaksian dari penumpang yang berada di kereta paling depan dari rangkaian kereta, saat kejadian mereka mencium bau terbakar namun tidak tahu dari mana asalnya dan baru mereka menyadari kereta di belakang mereka terbakar setelah kereta berhenti serta regu penyelamat dan pemadam kebakara masuk ke kereta.

Korban luka selanjutnya dibawa ke rumah sakit terdekat untuk menjalani perawatan intensif. Jenazah korban tewas selanjutnya diamankan oleh pihak yang berwenang untuk menjalani visum. Kebakaran ini merupakan salah satu insiden terburuk dalam sejarah perkeretaapian Pakistan.

(RED/BTS)

Detik | Sky News

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: