Canadian Pacific Luncurkan Lokomotif Heritage dan Militer

heritage dan militer
Dua unit lokomotif EMD SD70ACU nomor 7010 dan 7015 milik Canadian Pacific dengan skema warna heritage | foto: Canadian Pacific

(13/11) – Canadian Pacific (CP), perusahaan perkeretaapian kelas 1 di Kanada, memperkenalkan tujuh unit lokomotif dengan skema warna spesial. Ketujuh lokomotif tersebut terdiri dari dua lokomotif skema warna heritage yang direncanakan akan bertambah hingga sepuluh lokomotif. Sementara itu, lima lokomotif lainnya menggunakan skema warna militer.

Ketujuh lokomotif tersebut keseluruhannya merupakan lokomotif EMD seri SD70ACU, rebuild dari seri SD9043MAC yang selama ini hanya disimpan oleh perusahaan tersebut. Bila lokomotif heritage milik CP sudah selesai secara keseluruhan, CP akan memiliki 15 lokomotif dengan skema warna spesial.

Lokomotif Heritage

CP akan mengecat 10 dari 60 unit SD70ACU pesanannya dengan skema warna historisnya. Skema warna ini terdiri dari warna merah tuskan, abu-abu, dan emas. Sebanyak dua lokomotif bernomor 7010 dan 7015 telah diluncurkan pada Senin (16/9) waktu Kanada, atau dua bulan yang lalu. CP membagikan foto dari kedua lokomotif ini dengan pesan “Kami bangga dengan masa lalu kami dan melihat masa depan dengan keberanian, ambisi, dan inovasi yang sama yang telah mendorong terciptanya perusahaan.”

Dilansir dari Trains.com, CP berencana mengecat 10 lokomotif dengan skema warna heritage. Nomor 7010 hingga 7014 akan menggunakan skema warna merah tuskan, abu-abu, dan emas asli CP dengan huruf skrip merah tuskan di sepanjang tudung panjang lokomotif. Sementara nomor 7015 hingga 7019 akan menggunakan skema warna yang sama, namun dengan huruf balok di sepanjang tudung panjang lokomotif.

Ide untuk mengecat skema warna heritage pada lokomotif milik CP muncul di awal tahun ini. Skema yang dikenakan CP untuk lokomotif-lokomotif dieselnya pada era 1950-an sebelum berganti menjadi warna merah ini kemudian dipilih untuk direalisasikan.

Rencananya, delapan unit lainnya akan diselesaikan sebelum akhir 2019. Lokomotif-lokomotif ini kemudian akan beroperasi reguler seperti lokomotif lainnya. Lokomotif-lokomotif ini akan ditempatkan utamanya di bagian barat Kanada.

Ini merupakan ketiga kalinya CP mengecat lokomotifnya dengan skema warna heritage. Sebelumnya pada tahun 2000-an awal, CP mengecat lokomotif GP38-2 nomor 3084 dengan skema yang sama. Lokomotif FP9 milik CP yang digunakan untuk kereta luar biasa (KLB) juga menggunakan skema klasik ini.

Lokomotif Militer

Dari kiri ke kanan: EMD SD70ACU nomor 6644, 7023, 7022, 7021, 7020 | foto: Canadian Pacific

CP juga memperkenalkan lima lokomotif SD70ACU tematik dengan skema militer untuk menghormati angkatan bersenjata Kanada dan Amerika pada Selasa (12/11) waktu Kanada. Kelima lokomotif tersebut memiliki skema yang berbeda yang terinspirasi dari berbagai aspek dari alutsista Kanada, baik alutsista masa lampau maupun masa kini.

Dilansir dari Trains.com, CP berharap ketika lokomotif ini dilihat publik di seluruh sistem CP, publik akan teringat pada pengorbanan dari militer untuk melindungi dan mempertahankan kebebasan mereka.

Meskipun masing-masing lokomotif adalah unik, semuanya menampilkan logo “Dukung Pasukan Kita” buatan CP pada bagian samping dan belakang lokomotif. Empat dari lima lokomotif menampilkan bendera Kanada dan Amerika untuk menghormati angkatan bersenjata dari kedua negara yang dilayani oleh jalur kereta api milik CP.

Berikut adalah deskripsi singkat masing-masing lokomotif.

  • Lokomotif nomor 6644 dicat dengan skema milik Angkatan Udara Kerajaan Kanada, dengan warna hijau gelap dan abu-abu lautan. Lokomotif ini juga menampilkan desain kamuflase yang mirip dengan pesawat “Spitfire” milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris selama Perang Dunia Kedua. Garis-garis vertikal pada tudung panjang lokomotif terinspirasi dari “garis invasi” yang diterapkan pada pesawat pasukan Sekutu sebelum pendaratan D-day. Nomor lokomotif menggunakan font Angkatan Udara Kerajaan Kanada yang digunakan pada pesawat tempur yang digunakan di masa kini. CP memilih untuk menggunakan nomor 6644 untuk memperingati 75 tahun pendaratan D-day pada 6 Juni 1944.
  • Lokomotif nomor 7020 dicat dengan warna hijau NATO dengan huruf dan angka hitam dalam desain sederhana yang digunakan dalam alutsista modern Kanada seperti tank. Font yang digunakan adalah font stensil milik Angkatan Darat Kerajaan Kanada yang dimodernisasi.
  • Lokomotif nomor 7021 dicat dengan warna pasir gurun dengan huruf dan angka hitam seperti yang digunakan pada alutsista yang digunakan dalam konflik modern seperti Afganistan dan Irak. 7021 menggunakan jenis font stensil yang sama dengan 7020.
  • Lokomotif nomor 7022 menghormati Angkatan Laut Kerajaan Kanada dan Angkatan Laut Amerika Serikat dengan menggunakan warna abu-abu dan merah oksida seperti pada kapal perang kedua negara, dengan bendera nasional yang berbeda pada kedua sisi lokomotif. Pita htiam pada sepanjang rangka lokomotif mirip dengan strip “boot top” yang digunakan pada kapal perang modern Kanada. Nomor lokomotif diperbesar dan ditempatkan di tudung panjang lokomotif untuk mensimulasikan nomor lambung kapal perang, dan menggunakan font yang digunakan oleh Angkatan Laut Kerajaan Kanada.
  • Lokomotif nomor 7023 menggunakan skema dan font dari Angkatan Udara Kerajaan Kanada. Skema warna menggunakan warna abu-abu terang dan abu-abu medium yang digunakan oleh ratusan jet tempur CF-18 Hornet.
Tampak samping dari kelima lokomotif militer Canadian Pacific | foto: Canadian Pacific

Menurut CP, lokomotif-lokomotif ini adalah simbol kebanggaan dan dukungan kepada setiap veteran angkatan bersenjata dan anggota angkatan bersenjata yang masih aktif melayani Kanada dan Amerika Serikat. Seperti halnya lokomotif heritage, lokomotif militer ini juga akan beroperasi secara reguler di Kanada dan Amerika Serikat.

Dengan diluncurkannya lokomotif dengan skema warna spesial oleh CP ini, maka bertambahlah jumlah perusahaan yang mengenakan skema warna spesial pada lokomotifnya. Sebelumnya, perusahaan kereta penumpang Metra yang berbasis di Chicago telah mengenakan skema warna heritage perusahaan Chicago, Burlington, and Quincy Railway pada satu unit lokomotif EMD F40PH miliknya.

Demikian juga dengan beberapa perusahaan lainnya yang sebelumnya telah meluncurkan lokomotif dengan skema warna spesial. Yang paling ikonik, yaitu Norfolk Southern dengan skema warna heritage pada beberapa lokomotif EMD SD70ACe dan GE ES44AC miliknya, serta Union Pacific dengan skema warna heritage pada beberapa lokomotif EMD SD70Ace miliknya. (RED/MPF)

loading...

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: