Rangkaian Azuma Bertabrakan dengan HST di Leeds

Rangkaian Azuma yang rusak akibat tabrakan di Leeds | Foto: Yorkshire Evening Post

[14/11] – Kabar kurang baik datang dari negeri kelahiran kereta api, Inggris. Pasalnya pada kemarin malam (13/11) waktu setempat, terjadi tabrakan antara rangkaian KRL-KRD Class 800, yang juga dikenal sebagai Azuma milik London North Eastern Railway (LNER) dengan rangkaian KRD High Speed Train (HST) di Dipo Neville Hill, Leeds.

Dilansir dari The Yorkshire Post, insiden tabrakan ini terjadi di jalur akses Dipo Neville Hill. Kejadian bermula saat rangkaian HST kosong yang sedang berhenti di jalur ini ditabrak oleh rangkaian Azuma yang juga kosong dari belakang. Kecelakaan yang dideskripsikan oleh pihak LNER sebagai “tabrakan kecepatan rendah” ini mengakibatkan kerusakan parah pada kedua rangkaian. Selain itu, tabrakan ini juga mengakibatkan beberapa kereta di rangkaian Azuma ini anjlok.

Dilansir dari Yorkshire Evening Post, menurut spekulasi railfans Inggris rangkaian HST yang ditabrak kemungkinan besar power carnya akan dirucat dan kereta tengahnya akan dipindah ke rangkaian lain. Sedangkan rangkaian Azuma yang rusak berat akan dibawa ke pabrik di Newton Aycliffe.

Sementara itu berdasarkan keterangan penduduk lokal kepada The Yorkshire Post, suara dari tabrakan kereta api ini bagaikan pintu yang dibanting amat kencang. Beruntunglah, tabrakan ini tidak menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi, dilansir dari BBC, perjalanan KA lintas Leeds, Lincoln, dan London Kings Cross diperkirakan terganggu hingga pukul 18.30 waktu setempat. Hal ini disebabkan terhalangnya akses menuju Dipo Neville Hill yang juga digunakan oleh berbagai operator KA.

Sebagai penanganan dampak kejadian ini, dilakukan rekayasa pola operasi KA di lintas tersebut. Sebagian layanan dari London Kings Cross ke Leeds dan Lincoln dibatalkan. Sebagian lainnya diatur untuk tidak berjalan di lintas Lincoln-Newark North Gate. Pihak LNER juga akan memberikan kompensasi ke penumpang yang terdampak keteralmbatan perjalanan KA. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: