Tiongkok Buka Dua Jalur Kereta Cepat Baru Dalam Seminggu

Ilustrasi CRH

[30/11]. Tiongkok bisa dibilang cukup niat dalam pembangunan jaringan jalur kereta cepat di negaranya. Dalam kurun waktu seminggu terakhir, Tiongkok telah membuka dua jalur kereta cepat baru. Selasa (26/11) kemarin, CRH membuka Jalur Kereta Cepat Rizhao – Qufu seksi Rizhao – Lankao sepanjang 250 kilometer.

Di seksi pertama ini, ada 9 perjalanan KA per hari yang ke depannya akan ditambahkan menjadi 14 perjalanan per hari. Terdapat 8 stasiun di sepanjang jalur ini. Pembangunan jalur ini sendiri dimulai pada 31 Mei 2017. Di jalur ini, KA dapat melaju dengan kecepatan hingga 350 km/jam.

Ke depannya jalur ini akan menghubungkan wilayah selatan Provinsi Shandong dari Rizhao di pesisir Laut Kuning hingga Qufu yang merupakan kampung halaman dari filsafat dan politikus Tiongkok kuno, Confucius, dengan panjang total 494 kilometer. Diharapkan jalur ini dapat memangkas waktu tempuh kedua kota dari yang sebelumnya 3 jam 13 menit dengan jalur biasa menjadi 1 jam 14 menit dengan kereta cepat.

Selang 3 hari kemudian, CRH membuka jalur kereta cepat yang menghubungkan Wuhan dan Shiyan sejauh 399 kilometer untuk pemesanan khusus. Jalur ini merupakan tahap pertama dari proyek jalur kereta cepat Wuhan – Xi’an sepanjang 699 kilometer.

Kota Shiyan sendiri merupakan pusat manufaktur otomotif di Tiongkok. Lebih lambat dari jalur Rizhao – Lankao, di jalur ini kecepatan KA dibatasi hanya sampai 300 km/jam. Meski demikian, perjalanan dari Wuhan ke Shiyan dapat ditempuh dalam waktu hanya 1 jam 57 menit. Lebih cepat dari jalur KA biasa yang mencapai 5 jam 6 menit.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: