Mabuhay! Rangkaian Pertama dan Kedua KRD PNR Dikirimkan ke Filipina

Rangkaian DMU PNR yang sudah dinaikan ke atas truk untuk dibawa ke Pelabuhan Tanjung Perak. Surabaya | DOTr

[27/11]. Setelah menjalani uji dinamis yang cukup lama di Jawa Timur, akhirnya rangkaian KRD buatan INKA pertama dan kedua yang dipesan PNR siap dikirim ke Filipina. Dalam foto yang diposting oleh fanpage resmi Department of Transportation (DOTr) memperlihatkan rangkaian sudah dinaikan ke atas truk di workshop INKA di Madiun.

Sebanyak 6 unit atau 2 set KRD dikirimkan pada pengiriman kali ini. Sebanyak 6 unit truk trailer digunakan dalam pengiriman ini. Dari rilis DOTr, kedua rangkaian ini tidak langsung dikirimkan ke Filipina melainkan akan menginap di Tanjung Perak menunggu kapal yang akan mengangkut rangkaian.

Kedua rangkaian ini baru akan dikirimkan dari Indonesia pada 30 November mendatang dan diperkirakan tiba di Filipina pada tanggal 8 atau 9 Desember.

Belum diketahui alasan mengapa dua rangkaian KRD PNR dikirimkan melalui jalur darat bukan melalui jalur rel, mengingat lebar sepur yang digunakan Indonesia dan Filipina sama (1067 mm).

Tersisa 21 unit atau 7 set KRD, 10 unit kereta penumpang, serta 3 unit lokomotif yang saat ini masih menjalani masa uji coba dan masih dirakit di pabrik INKA. Pengiriman seluruh sarana yang dibeli PNR dari INKA akan dikirimkan secara bertahap dari Desember 2019 hingga Februari 2020.

Rencananya KRD, kereta penumpang, dan lokomotif yang dibeli akan dioperasikan di Jalur South Commuter dari Tutuban hingga Alabang. PNR sendiri berencana untuk menambah sebanyak 18 hingga 20 perjalanan kereta api di jalur tersebut untuk meningkatkan kapasitas angkut serta mengurangi kemacetan di Kota Manila.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: