Jalur KA Bandara Adi Soemarmo Diujicoba Dengan Lokomotif dan KRDE

Rangkaian KRDE Bandara saat menguji Jalur KA Bandara Adi Soemarmo siang tadi | pict: Angin Elandajagat

[25/12]. Bagai kado dari Santa Claus, di hari Natal ini Jalur KA Bandara Adi Soemarmo diujicoba dengan kereta. Uji coba dilakukan menggunakan lokomotif dan rangkaian KA Bandara.

Lain halnya dengan jalur baru lainnya yang uji coba dengan lokomotif dan rangkaian kereta dilakukan pada waktu yang berbeda, di Jalur KA Bandara Adi Soemarmo uji coba keduanya dilakukan di hari yang sama. Uji coba pertama dilakukan menggunakan lokomotif CC 206 13 02 yang berjalan dari Kadipiro hingga Adi Soemarmo dan kembali lagi sebanyak dua kali pada pagi hingga siang hari.

Lokomotif CC 206 saat menjalani uji coba Jalur KA Bandara Adi Soemarmo | pict: Dhannie Setiawan

Setelah lokomotif mondar-mandir, kemudian uji coba dilanjutkan menggunakan rangkaian KRDE Bandara. Sama seperti lokomotif, rangkaian berjalan bolak-balik dari Kadipiro ke Adi Soemarmo sebanyak dua kali dari siang hingga menjelang sore hari. Keduanya berjalan dengan kecepatan yang cukup tinggi yakni 80 km/jam.

Keduanya menjalani uji coba dengan membawa teknisi dari KAI dan kontraktor jalur. Uji coba dilakukan untuk melihat kesiapan jalur menjelang diresmikan akhir Desember ini. Sebelumnya pada Selasa kemarin, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub melakukan inspeksi sekaligus mengecek kesiapan Jalur KA Bandara Adi Soemarmo menggunakan Lori Hokuriku.

Dilansir dari Liputan 6, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rencananya Jalur KA Bandara Adi Soemarmo akan diresmikan pada 28 Desember 2019 mendatang.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: