KA Angkutan Semen Terguling di Blora

Petugas kepolisian saat tengah mengamankan lokasi tergulingnya KA angkutan semen di Stasiun Doplang, Blora, Jawa Tengah | picture by: Wawan

[12/12]. Saat semua sedang heboh dengan diskonan di toko online, kecelakaan kereta api terjadi di Blora, Jawa Tengah. KA 2704 angkutan semen relasi Nambo – Banyuwangi anjlok dan terguling di Stasiun Doplang pada Kamis (12/12) siang. Sebanyak 9 gerbong dari total 20 gerbong terguling.

Gerbong yang terguling adalah gerbong 10 sampai 19 dari rangkaian kereta. Sedangkan gerbong 20 hanya anjlok sebanyak 2 as. Muatan semen yang berada di atas gerbong datar berhamburan di sekitar lokasi kejadian. Anjlokan terjadi pada pukul 11:18 saat KA hendak memasuki Stasiun Doplang.

Rangkaian kereta angkutan semen yang terguling di Stasiun Doplang | picture by: Wawan

Sontak kejadian ini menarik perhatian warga di sekitar stasiun. Lokasi kejadian sendiri sudah dipasangi garis polisi. Petugas kepolisian diturunkan untuk melakukan penjagaan di lokasi kejadian untuk. Hingga berita ini diturunkan, proses evakuasi rangkaian masih berlangsung.

Crane Kirow milik Dipo Solo Balapan dan Crane Gottwald milik Dipo Lokomotif Cirebon diturunkan untuk mengevakuasi rangkaian kereta. Akibat kejadian ini, lalu lintas kereta api di Lintas Pantura Jawa terhambat. Jalur 2 Stasiun Doplang yang merupakan sepur lurus arah Surabaya dan jalur 1 Stasiun Doplang tidak bisa digunakan untuk sementara karena rusak parah dan tertimbun tumpukan semen yang diangkut kereta.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Penyebab pasti kecelakaan masih dalam proses investigasi oleh pihak terkait.

Lokomotif dan sisa 10 gerbong yang selamat melanjutkan perjalanan sampai Kalimas.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: