KCI Resmikan Stasiun Ramah Lingkungan

Rombongan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta KCI meninjau Taman Stasiun Sudirman yang asri sebagai salah satu perwujudan stasiun ramah lingkungan | pict: Iham Fahwa Zhilly

Warga di wilayah kota sekitar Jabodetabek sangat dekat dengan sejumlah isu lingkungan saat ini antara lain perubahan iklim, konsumsi energi dan pengelolaan sampah. Untuk itu PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebagai penyedia jasa angkutan KRL Commuter Line memiliki misi untuk menyelenggarakan angkutan berwawasan lingkungan ikut berupaya mencegah dampak dari berbagai permasalahan lingkungan tersebut dengan memperkenalkan konsep Stasiun Ramah Lingkungan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Dirut KCI melakukan uji coba terhadap fasilitas Eco Charge | picture: Iham Fahwa Zhilly

Stasiun yang mulai menerapkan konsep ramah lingkungan adalah Stasiun Sudirman, Jurangmangu dan Klender. Peresmian ketiga stasiun tersebut sebagai Stasium Ramah Lingkungan, dilakukan bersama oleh Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, EVP PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta, dan Dirut PT KCI pada hari ini, Selasa 17 Desember 2019 di stasiun Sudirman.

Ketiga stasiun KRL yang berkonsep Stasiun Ramah Lingkungan, PT KCI menyiapkan teknologi dan fasilitas pelayanan penumpang antara lain tempat isi ulang telepon seluler (smartphone) dengan sumber listriknya yang berasal dari panel sel surya, pengelolaan sampah dengan pemisahan jenis sampah dan dilengkapi rumah sampah (TPS), serta taman stasiun yang membuat stasiun lebih sejuk dan asri.

Tak hanya itu. Di setiap stasiun tersebut, PT KCI menyediakan pengering tangan sebagai pengganti tisu di tempat cuci tangan, pemilihan tipe keran yang lebih hemat air, pembuatan biopori, mengganti sejumlah kipas angin dinding dengan satu unit kipas angin HVLS (high volume low speed), hingga timer otomatis pengatur hidup/mati lampu di stasiun. Tentunya di masa yang akan datang, PT KCI akan mendorong inovasi untuk mengatasi masalah lingkungan, dan nantinya konsep Stasiun Ramah Lingkungan akan terus bertambah.

(RED/Iham Fahwa Zhilly)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: