KRD Buatan INKA Debut Di Filipina!

KRD Filipina buatan INKA | Foto: Departemen Transportasi Filipina

[16/12] Setelah sebelumnya dikirimkan pada akhir November dan tiba pada awal Desember kemarin, pada akhirnya kedua rangkaian KRD buatan INKA mulai berdinas. Dilansir dari Facebook Departemen Transportasi Filipina (DoTr), peresmian perjalanan KRD ini dihadiri oleh General Manager Philippine National Railways (PNR) Junn Magno, Sekretaris Transportasi Arthur Tugade, dan Komite Rumah Transportasi Edgar Sarmiento.

Junn Magno mengatakan kehadiran KRD ini adalah manifestasi kerja keras PNR dan awal transformasi perkeretaapian di Filipina. Ia juga menyebutkan keberhasilan ini adalah refleksi dari kepemimpinan negara yang baik. Sementara Arthur Tugade juga menyampaikan rasa sukacita yang sama dengan adanya KRD baru ini. Dan Sarmiento memohon kepada seluruh warga Filipina untuk menjaga kereta baru ini dengan baik.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan dalam ruangan
Arthur Tugade dan pejabat lain meninjau kondisi rangkaian KRD baru | Foto: Departemen Transportasi Filipina

Sementara itu, dilansir dari Kumparan, rute peresmian KRD baru ini adalah dari Stasiun Dela Rosa, Makati hingga Stasiun Tutuban, Manila. Di sepanjang perjalanan, para pejabat tampak antusias dalam menjajal kereta baru ini. Tidak cuma itu, masyarakat pun juga dengan antusias memotret dan melambaikan tangan ke KRD baru ini. Kecepatan pada peresmian ini mencapai sekitar 40 km/jam karena kondisi lintasan rel, dengan perjalanan menempuh waktu sekitar 35 menit.

Di Stasiun Tutuban, warga sekitar juga tidak kalah antusias melihat kereta baru ini. Meskipun belum bisa dinaiki, kereta baru ini diyakini akan menambah kenyamanan bagi masyarakat Filipina.

Gambar mungkin berisi: dalam ruangan
Interior KRD Filipina | Foto: Departemen Transportasi Filipina

PT INKA sendiri memberikan dukungan berupa pengawasan perawatan dan pelatihan sumberdaya manusia. Pihaknya baru akan melepas setelah pihak PNR bisa melakukan perawatan sendiri.

Mulai berdinasnya KRD baru ini tentu menjadi momen bahagia bagi Indonesia dan Filipina. Bahagia bagi Indonesia karena satu lagi karya anak bangsa bisa dipercaya oleh negara lain, dan diharapkan akan terus andal di masa depan. Bahagia bagi Filipina karena KRD baru ini adalah kali pertama setelah 40 tahun PNR membeli sarana perkeretaapian dengan dana sendiri. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: