Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Prameks Kuning Kini Berubah Jadi Hijau

Rangkaian KRDE eks Prameks non AC kuning yang kini berwarna hijau dan dipasangi AC | pict: Oktavino Hiu Adi Tirtayasa

[24/12]. Setelah sebelumnya sempat menghilang dari peredaran di Lintas Jogja – Solo, rangkaian KRDE Prameks kuning non AC kini muncul dengan tampilan baru. Tak lagi kuning dan tanpa AC, warnanya kini berubah menjadi hijau dan ber-AC.

Tampilan baru rangkaian eks KRDE kuning dengan nomor set K3 2 07 06-10 ini diperlihatkan saat rangkaian menjalani uji dinamis dari Lempuyangan ke Kutoarjo siang tadi. Livery kereta sendiri disamakan dengan livery KRDI eks Way Umpu yakni hijau-putih dengan ornamen batik.

Mukanya yang diwarnai hijau membuat sebagian pecinta kereta api teringat dengan warna muka rangkaian KRDE Baraya Geulis yang kini mangkrak di Dipo Lokomotif Bandung.

Tak hanya eksteriornya yang diubah, interiornya pun turut dirombak. Bangku plastik ala KRL BN HOLEC yang dipasang menyamping digantikan oleh bangku ala KRDI berwarna hijau yang disusun berhadap-hadapan.

Tampak dalam baru eks KRDE Prameks Kuning | pict: Oktavino Hiu Adi Tirtayasa

Karena rangkaiannya kini ber-AC, satu mesin genset tambahan dipasang di kereta K3 2 07 10 yang sebelumnya digunakan untuk penumpang. Meskipun diwarnai hijau seperti KRDI eks Way Umpu, rangkaian KRDE hijau akan dioperasikan sebagai sarana Prameks. Namun tak menutup kemungkinan dapat digunakan untuk perjalanan KA lainnya.

(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×