Prameks Kuning Kini Berubah Jadi Hijau

Rangkaian KRDE eks Prameks non AC kuning yang kini berwarna hijau dan dipasangi AC | pict: Oktavino Hiu Adi Tirtayasa

[24/12]. Setelah sebelumnya sempat menghilang dari peredaran di Lintas Jogja – Solo, rangkaian KRDE Prameks kuning non AC kini muncul dengan tampilan baru. Tak lagi kuning dan tanpa AC, warnanya kini berubah menjadi hijau dan ber-AC.

Tampilan baru rangkaian eks KRDE kuning dengan nomor set K3 2 07 06-10 ini diperlihatkan saat rangkaian menjalani uji dinamis dari Lempuyangan ke Kutoarjo siang tadi. Livery kereta sendiri disamakan dengan livery KRDI eks Way Umpu yakni hijau-putih dengan ornamen batik.

Mukanya yang diwarnai hijau membuat sebagian pecinta kereta api teringat dengan warna muka rangkaian KRDE Baraya Geulis yang kini mangkrak di Dipo Lokomotif Bandung.

Tak hanya eksteriornya yang diubah, interiornya pun turut dirombak. Bangku plastik ala KRL BN HOLEC yang dipasang menyamping digantikan oleh bangku ala KRDI berwarna hijau yang disusun berhadap-hadapan.

Tampak dalam baru eks KRDE Prameks Kuning | pict: Oktavino Hiu Adi Tirtayasa

Karena rangkaiannya kini ber-AC, satu mesin genset tambahan dipasang di kereta K3 2 07 10 yang sebelumnya digunakan untuk penumpang. Meskipun diwarnai hijau seperti KRDI eks Way Umpu, rangkaian KRDE hijau akan dioperasikan sebagai sarana Prameks. Namun tak menutup kemungkinan dapat digunakan untuk perjalanan KA lainnya.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: