Penumpang Hentikan Laju Tram Yang Tak Terkendali Akibat Masinis Pingsan di Jerman

Ilustrasi tram Kota Bonn | Dr Neil Clifton / Wikimedia

[25/12]. Aksi heroik dilakukan oleh penumpang tram di Kota Bonn, Jerman pada Minggu (22/12) kemarin. Seorang penumpang berhasil menghentikan laju tram yang lepas kendali setelah masinis tram tersebut pingsan. Sesaat sebelum kejadian, kepolisian setempat mendapatkan banyak telepon dari penumpang di dalam tram.

Salah seorang saksi mata mengatakan para penumpang ketakutan setelah tram lepas kendali dan melewati beberapa perhentian. Tak banyak yang bisa dilakukan mereka. Sampai akhirnya seorang penumpang berhasil masuk ke kabin masinis dengan memecahkan kaca jendela di pintu kabin dan menghentikan tram yang ditinggal pingsan masinisnya dengan menarik rem darurat.

Setelah tram terhenti, para penumpang kemudian dievakuasi keluar dari dalam tram. Dua orang penumpang mengalami luka-luka setelah memecahkan kaca jendela pintu kabin masinis dengan tangan. Sang masinis kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat untuk menjalani perawatan sebelum akhirnya dibebaskan.

Masinis yang pingsan juga diberikan perawatan kesehatan dan psikologis untuk memulihkan kondisinya. Pihak berwenang Jerman kemudian melakukan investigasi terhadap operator tram, SWB, akibat tak berhentinya tram secara otomatis dalam kejadian ini.

Pihak perusahaan menyatakan rangkaian tram memiliki deadman seperti pada kereta api pada umumnya. Hanya bedanya, deadman pada tram tidak mengaktifkan rem darurat ketika tidak mendapat respon dari masinis seperti kereta biasa melainkan hanya memberikan peringatan kepada masinis untuk mengaktifkan rem darurat secara manual.

(RED/BTS)

The Independent 

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

√ó