Penumpang Hentikan Laju Tram Yang Tak Terkendali Akibat Masinis Pingsan di Jerman

Ilustrasi tram Kota Bonn | Dr Neil Clifton / Wikimedia

[25/12]. Aksi heroik dilakukan oleh penumpang tram di Kota Bonn, Jerman pada Minggu (22/12) kemarin. Seorang penumpang berhasil menghentikan laju tram yang lepas kendali setelah masinis tram tersebut pingsan. Sesaat sebelum kejadian, kepolisian setempat mendapatkan banyak telepon dari penumpang di dalam tram.

Salah seorang saksi mata mengatakan para penumpang ketakutan setelah tram lepas kendali dan melewati beberapa perhentian. Tak banyak yang bisa dilakukan mereka. Sampai akhirnya seorang penumpang berhasil masuk ke kabin masinis dengan memecahkan kaca jendela di pintu kabin dan menghentikan tram yang ditinggal pingsan masinisnya dengan menarik rem darurat.

Setelah tram terhenti, para penumpang kemudian dievakuasi keluar dari dalam tram. Dua orang penumpang mengalami luka-luka setelah memecahkan kaca jendela pintu kabin masinis dengan tangan. Sang masinis kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat untuk menjalani perawatan sebelum akhirnya dibebaskan.

Masinis yang pingsan juga diberikan perawatan kesehatan dan psikologis untuk memulihkan kondisinya. Pihak berwenang Jerman kemudian melakukan investigasi terhadap operator tram, SWB, akibat tak berhentinya tram secara otomatis dalam kejadian ini.

Pihak perusahaan menyatakan rangkaian tram memiliki deadman seperti pada kereta api pada umumnya. Hanya bedanya, deadman pada tram tidak mengaktifkan rem darurat ketika tidak mendapat respon dari masinis seperti kereta biasa melainkan hanya memberikan peringatan kepada masinis untuk mengaktifkan rem darurat secara manual.

(RED/BTS)

The Independent 

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

√ó
%d blogger menyukai ini: