April 2020 Elektrifikasi Rangkasbitung – Serang Dimulai

Ilustrasi KRL Seri E217 | Foto: Sakamoto Hiei, Wikimedia Commons

[18/1]. Penantian warga Serang akan hadirnya layanan Commuter Line akan semakin mendekati kenyataan. Mulai April 2020 mendatang, elektrifikasi rute Rangkasbitung – Serang akan dimulai.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Murtopo. Dirinya mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan perhitungan appraisal.

Di lain pihak, Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Air Setda Provinsi Banten Suryana mengatakan saat ini Pemprov Banten tengah menunggu dokumen perencanaan dari KAI. Setelah dokumen tersebut diterima, barulah proyek elektrifikasi dan double track bisa dikerjakan.

Mengenai double track, Suryana mengatakan pelebaran trase mungkin saja dilakukan mengingat di beberapa titik di sepanjang rute Rangkasbitung – Serang tidak bisa dibuat double track. Dirinya mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan. Hasil pendataan nantinya akan diserahkan ke Gubernur Banten untuk kemudian dihitung berapa besaran ganti rugi yang akan diberikan.

Deputi Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Sofyan Hasan mengatakan rencananya elektrifikasi ini ditargetkan tuntas pada tahun depan. Untuk sementara, layanan Commuter Line dilakukan menggunakan single track. Dirinya juga mengatakan tak menutup kemungkinan nantinya layanan Commuter Line bisa diperpanjang sampai Merak tergantung pada besarnya minat dan kebutuhan masyarakat.

(RED/BTS)

Banten Hits

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: