Bangun Kereta Cepat Bandung – Surabaya, Jepang Collab Dengan Tiongkok

Rangkaian CR400AF yang rencananya akan digunakan sebagai armada kereta cepat Jakarta – Bandung | Railjournal

[11/1]. Setelah sebelumnya bertengkae soal siapa yang seharusnya mengerjakan proyek kereta cepat, sepertinya Tiongkok dan Jepang akan akur pada proyek selanjutnya. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Jepang akan menggandeng Tiongkok dalam proyek Jalur Kereta Cepat Bandung – Surabaya.

Hal tersebut disampaikan Luhut kepada Tempo di Bursa Efek Indonesia pada Rabu (8/1) kemarin. Proyek ini sendiri merupakan lanjutan dari proyek Jalur Kereta Cepat Jakarta – Bandung. Luhut mengatakan dirinya sudah bertemu dengan pengusaha Jepang dan mereka menyatakan siap bekerjasama dengan Tiongkok.

Luhut berharap Pemerintah Indonesia bisa mempertemukan pihak Jepang dan Tiongkok agar kedua pihak bisa menjalani komunikasi lebih lanjut. Pasalnya Jepang sendiri melihat Tiongkok sebagai sebuah model.

Kolaborasi Tiongkok dan Jepang dalam proyek infrastruktur sebenarnya bukanlah hal yang baru dan aneh. Keduanya sudah memiliki investasi bersama di Thailand sehingga tidak menutup kemungkinan hal tersebut juga akan terjadi di Indonesia.

Dalam proyek pembangunan jaringan transportasi di Indonesia, Tiongkok dan Jepang terlihat seperti “jambak-jambakan” untuk bisa mengerjakannya, salah satunya adalah proyek kereta semi cepat Jakarta – Surabaya.

Tiongkok melalui CRRC sempat berusaha melobi Pemerintah Indonesia supaya bisa mengerjakan proyek tersebut. Namun sayangnya mereka kalah cepat dari Jepang melalui JICA yang sudah lebih dulu berkomitmen untuk mengerjakan proyek ini.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: