Berita KAIndonesia

Inilah Rencana Pembangunan Jalur Kereta Api di Jawa Barat

Mesin perbaikan jalan rel (MPJR) SR 3 15 02 saat melakukan uji coba Jalur Cibatu – Garut dari Stasiun Cibatu hingga sinyal masuk Cibatu | Youtube Yusril Rizky Pratama

[21/1]. Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana akan membangun jaringan jalur kereta api yang mengelilingi wilayah Jawa Barat. Hal tersebut disampaikan dalam persentasi yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara pelantikan rektor ITB pada Senin (20/1) pagi kemarin.

Nantinya proyek pembangunan jaringan jalur kereta api di Jawa Barat terdiri atas reaktivasi jalur mati, pembangunan jalur kereta cepat, pembangunan jalur kereta api baru, dan pembangunan jaringan LRT.

Dalam persentasi dijelaskan nantinya akan ada 5 jalur mati yang diaktifkan kembali yakni Cianjur – Padalarang, Bandung – Ciwidey, Bandung – Sumedang, Cibatu – Garut, dan Banjar – Pangandaran – Cijulang.

Untuk jalur baru nantinya akan dibangun jaringan jalur kereta api lintas Pantai Selatan Jawa Barat dengan rute Sukabumi – Pelabuhanratu – Rancabuaya – Cijulang, Jalur Tasikmalaya – Cijulang, Jalur Ciwidey – Rancabuaya, Jalur Tanjungsari – Kertajati, Jalur Patimban Access, Jalur Kertajati Access, dan kereta cepat Jakarta – Bandung.

Sedangkan untuk LRT sendiri, nantinya akan dibangun Jalur LRT Karawang – Purwakarta, Jaringan LRT Ciayummajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan), serta Jaringan LRT Bandung Raya. Selain itu, rencananya juga akan dibangun sejumlah bandara dan pelabuhan untuk meningkatkan aksesibilitas ke sejumlah wilayah di Jawa Barat.

(RED/BTS)

Rekaman persentasi (menit 1:35:00)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×