Kemenhub Tambah Subsidi Kereta Api Pada 2020

KA Sri Tanjung. Salah satu KA  jarak jauh yang mendapatkan PSO pada tahun 2020

[1/1]. Kementerian Perhubungan menambah anggaran Public Service Obligation (PSO) atau subsidi angkutan kereta api pada tahun 2020 ini. Anggaran ditambah sebanyak Rp 0,3 triliun dari yang sebelumnya Rp 2,37 triliun pada 2019 menjadi Rp 2,67 triliun pada 2020.

Sedangkan anggaran Infrastructure Maintenance and Operation (IMO) atau kewajiban perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian milik negara di tahun 2020 sebesar Rp 1,5 triliun.

Penambahan anggaran dilakukan seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan transportasi kereta api. Sedangkan peningkatan IMO dilakukan karena perawatan dan pengoperasian prasarana serta pembangunan infrastruktur yang naik selama 5 tahun terakhir.

PSO sebesar Rp 2,67 triliun ini nantinya akan dialokasikan untuk KA ekonomi jarak jauh, KA ekonomi jarak menengah, KA ekonomi Lebaran, KA lokal, KA komuter, dan Commuter Line. Porsi terbesar diberikan pada Commuter Line yakni sebesar Rp 1,55 triliun disusul KA lokal sebesar Rp 604,66 miliar dan KA ekonomi jarak menengah sebesar Rp 318,566 miliar.

KA komuter mendapatkan alokasi PSO sebesar Rp 134,11 miliar. Untuk KA ekonomi jarak jauh hanya akan ada 3 KA yang mendapatkan PSO yakni KA Kahuripan (Kiaracondong – Blitar), KA Bengawan (Pasar Senen – Purwosari), dan KA Sri Tanjung (Lempuyangan – Banyuwangi) dengan alokasi anggaran sebesar Rp 60,788 miliar.

Untuk KA ekonomi Lebaran hanya akan ada 2 KA yang mendapatkan PSO yakni KA Pasundan (Kiaracondong – Surabaya Gubeng) dan Matarmaja (Pasar Senen – Malang) dengan alokasi anggaran sebesar Rp 349,51 juta.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pernyataan tertulisnya berharap operator dapat memberikan pelayanan maksimal. Dirinya menginginkan Indonesia memiliki daya saing di dunia internasional terutama dalam bidang perkeretaapian.

(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×