Berita KAIndonesia

Layanan Commuter Line dan KA Basoetta Lumpuh Akibat Banjir

Stasiun Sudirman yang terendam banjir | istimewa

[1/1]. Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Jabodetabek selama malam tahun baru menyebabkan banjir yang merendam sejumlah titik di Jabodetabek dan menyebabkan layanan kereta api lumpuh. Di Lintas Lingkar air merendam di Stasiun Sudirman dan Stasiun Tanah Abang.

Di Stasiun Tanah Abang air merendam hingga ketinggian 50 cm di atas kop rel. Akibatnya perjalanan KRL Commuter Line Lintas Lingkar, Lintas Kulon, dan KA Bandara Soekarno Hatta tidak dapat beroperasi.

Di Lintas Tangerang, air merendam KM 9+700 di petak antara Stasiun Rawa Buaya dan Batuceper. Air merendam dengan ketinggian hingga 8 cm di atas kop rel. Akibatnya operasional KRL Lintas Tangerang dan KA Bandara Soekarno Hatta dihentikan sementara hingga air surut.

Jalur petak Kebayoran – Pondok Ranji yang terendam air | istimewa

Di Lintas Kulon, air merendam KM 17+4 di petak antara Stasiun Pondok Ranji dan Kebayoran. Air merendam hingga ketinggian 20 cm di atas kop rel. Akibatnya operasional KRL Lintas Kulon baik arah Tanah Abang maupun Serpong, Parung Panjang, Maja, Rangkasbitung dihentikan sementara.

Di Dipo Lokomotif Jatinegara, aktifitas putar lokomotif sementara tidak dapat dilakukan akibat terendamnya dipo. Akibatnya sejumlah perjalanan KA dilayani lokomotif dengan posisi long hood. Sejumlah lokomotif diungsikan ke jalur 4 hingga 7 Stasiun Jatinegara.

Layanan LRT Jakarta sementara dihentikan akibat terendamnya sebagian besar wilayah Kelapa Gading. Arus listrik yang mengalir di jalur sementara dimatikan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

Untuk perjalanan Commuter Line Lintas Bekasi dan Lintas Selatan, MRT Jakarta, dan KA jarak jauh berjalan normal seperti biasanya.

Lokomotif yang diungsikan ke Stasiun Jatinegara akibat Dipo Lokomotif Jatinegara terendam air | pict: Aufal Ijlal Alifo / GM MarKA

(RED/BTS)

Update:

Pukul 14:18 genangan di Stasiun Tanah Abang sudah surut dan layanan kereta sudah dibuka.

Pukul 13:55 perjalanan Commuter Line Lintas Kulon sudah beroperasi kembali.

Pukul 14:12 operasional Lintas Lingkar sudah beroperasi dengan normal.


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×