Banjir Jabodetabek Hari Ke-2: Dipo Bukit Duri Terendam, LRT Jakarta Kembali Beroperasi

Kawasan Dipo Bukit Duri yang terendam banjir | istimewa

[2/1]. Di hari kedua tahun 2020 ini, banjir yang melanda sejumlah wilayah Jabodetabek mulai merendam sejumlah prasarana perkeretaapian di Jabodetabek. Dipo Bukit Duri terendam air sejak tadi malam.

Air yang merendam merupakan luapan Kali Ciliwung yang berada persis di belakang dipo. Dari informasi yang berhasil dihimpun, air merendam dengan ketinggian 1 hingga 5 meter di sekitar dipo.

Beruntung rangkaian KRL yang berada di dalam dipo berhasil diungsikan ke beberapa tempat seperti Balai Yasa Manggarai, Dipo Depok, Stasiun Depok, dan Stasiun Pasar Minggu. Akibatnya aktifitas perawatan KRL di Dipo Bukit Duri dihentikan sementara sampai air surut.

Air yang masih merendam petak antara Rawa Buaya dan Kalideres | istimewa

Sementara itu banjir di petak antara Rawa Buaya dan Kalideres masih belum surut sejak kemarin. Akibatnya perjalanan Commuter Line Tangerang – Duri dipotong hanya sampai Kalideres. Sedangkan arah sebaliknya masih belum dapat beroperasi. Layanan KA Bandara Soekarno Hatta juga masih dihentikan hingga hari ini.

Genangan air yang merendam petak antara Kampung Bandan – Rajawali serta warga yang mendirikan tenda pengungsian di jalur rel menyebabkan perjalanan Commuter Line Bogor – Jatinegara dipotong hanya sampai Angke dan Commuter Line Bekasi – Jakarta Kota via Pasar Senen dipotong hanya sampai Pasar Senen.

Operasional LRT Jakarta yang kemarin sempat terhenti akibat banjir yang merendam kawasan Kelapa Gading kini sudah beroperasi kembali. Jalur dinyatakan aman setelah dilakukan inspeksi dengan rangkaian LRV yang berjalan tanpa mengangkut penumpang pada pukul 7:00.

Masyarakat yang hendak berangkat kerja memilih naik LRT untuk menghindari banjir yang merendam kawasan Kelapa Gading.

Operasional perawatan di Dipo Lokomotif Jatinegara sudah kembali normal setelah banjir yang sempat menggenangi kawasan dipo kemarin sudah surut. Lokomotif yang sebelumnya diungsikan ke Dipo Cipinang sudah dikembalikan ke Jatinegara. Meski demikian, kru dipo masih tetap siaga untuk mengantisipasi banjir susulan.

(RED/BTS)

loading...

Satu tanggapan untuk “Banjir Jabodetabek Hari Ke-2: Dipo Bukit Duri Terendam, LRT Jakarta Kembali Beroperasi

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: