Kereta Barang BNSF Anjlok Ke Sungai Kootenai

Rangkaian KA BNSF yang anjlok di Katka Road, Idaho | Foto: KHQ

[4/1] Kabar kurang mengenakkan tiba dari dunia perkeretaapian Amerika Serikat. Pasalnya, pada Kamis 2 Januari lalu terjadi anjlokan di Katka Road, Idaho. Anjlokan ini melibatkan satu rangkaian KA angkutan barang operator BNSF dari Mineeapolis ke Pasco yang sedang melintas.

Dilansir dari media lokal KHQ, anjlokan terjadi di sebelah timur Booners Ferry dekat perbatasan Montana-Idaho pada pagi hari. Anjlokan ini menyebabkan tiga lokomotif dan enam gerbong keluar dari rel, dengan lokomotif paling depan sampai tercebur ke dalam sungai. Beruntung, para masinis tidak terluka parah dan dapat menyelamatkan diri. Mereka menunggu di atas lokomotif sembari menunggu pertolongan sebelum akhirnya diselamatkan pada pukul 9 malam oleh Boundary County Sheriff dengan kapal.

Insiden ini juga menyebabkan bahan bakar HSD dari lokomotif yang anjlok ini bocor ke sungai. Berdasarkan yang dilansir dari Spokesman, pihak BNSF menyebutkan ada sekitar 2000 galon HSD di lokomotif, tetapi tidak tahu seberapa banyak yang bocor. Untuk menanggulangi ini, pemadam kebakaran dan petugas BNSF menempatkan pembatas di air untuk membatasi persebaran minyak yang bocor.

Beruntunglah, meskipun terdapat tujuh gerbong yang membawa material berbahaya, dipastikan tidak ada dari mereka yang anjlok ataupun bocor. Pihak BNSF bekerjasama dengan pihak Idaho Department of Environmental Quality untuk memastikan dampak terhadap lingkungan.

Penyebab anjlokan saat ini diduga adalah jatuhan batu yang menimpa rangkaian. Hingga saat ini jalur kereta di lokasi masih ditutup demi proses evakuasi anjlokan dan perbaikan rel. (RED/IHF)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: