Dampak Banjir Jakarta, PT KAI Lakukan Bakti Sosial
[4/1] Banjir di Jakarta awal tahun ini telah mulai berkurang dampaknya. Jalur KA Duri – Tangerang yang sempat tutup akibat banjir pun telah beroperasi kembali. Akan tetapi, cerita yang ditinggalkan tentu tak dapat dilupakan. Baik itu kekacauan dua hari berturut-turut, kontroversi, ataupun kemanusiaan. Karena tentu saja, setiap bencana pasti meninggalkan banyak cerita.
Salah satunya adalah bakti sosial yang dilakukan oleh PT KAI. Berdasarkan keterangan pers mereka, PT KAI melakukan bakti sosial dengan masyarakat setempat yang mengungsi dari banjir di lintas Taman Kota – Kalideres di jalur Duri – Tangerang Jumat (3/1) kemarin. Bakti sosial ini dilakukan dengan kunjungan Direktur Utama PT KAI ke korban banjir dan pembukaan posko kesehatan Rail Clinic di Taman Kota.
Di Rail Clinic sendiri disediakan layanan kesehatan berupa dokter umum, dokter gigi, laboratorium kesehatan, serta farmasi/obat-obatan. Total personel yang diturunkan oleh PT KAI sebanyak 10 orang yang terdiri dari 3 dokter umum, 1 dokter gigi, 2 petugas laboratorium, 1 bidan, dan 3 apoteker.
Bakti sosial ini mengerahkan armada Rail Clinic untuk posko kesehatan, dan kereta NR Rescue (yang juga dikenal sebagai “Pikachu”) untuk inspeksi Dirut KAI. Berdasarkan keterangan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, selain layanan kesehatan gratis, juga diberikan bantuan seperti bahan pangan cepat saji. Berdasarkan foto yang diunggah oleh akun media sosial KAI Kereta Api Kita, juga terdapat bantuan lain seperti selimut.
Kita semua tentu berharap dampak banjir bisa segera hilang sepenuhnya, sehingga para korban banjir bisa cepat kembali pulih dan beraktivitas normal. (RED/IHF)