Rangkaian Baru Amtrak Acela Mulai Menampakan Diri

Rangkaian baru Amtrak Axela saat tengah menjalani uji dinamis kecil di pabrik Alstom di New York | Amtrak / Railcolor

[26/1]. Setelah menghilang cukup lama dari pemberitaan, rangkaian baru Amtrak Acela mulai menampakan diri kepada publik. Kamis (23/1) kemarin rangkaian Acela 21 menjalani uji dinamis kecil di sekitar pabrik Alstom di Hornell, New York, Amerika Serikat.

Rangkaian dengan seri Acela 21 atau biasa disebut Avelia Liberty menjalani uji coba dengan mengelilingi kawasan pabrik Alstom. Terlihat warna biru dan putih mendominasi keseluruhan rangkaian kereta.

Di bagian lokomotif warna biru hanya menutupi bagian atap sedangkan di rangkaian kereta warna biru menutupi bagian atap dan bawah kereta serta menyisakan strip putih di jendela. Setelah menjalani uji dinamis di Hornell, rangkaian pertama ini nantinya akan dibawa ke Pueblo, Colorado untuk uji dinamis lebih lanjut.

Rangkaian Avelia Liberty diproduksi oleh Alstom sejak tahun 2016 lalu. Acela 21 menggunakan basis yang sama seperti AVE Class 21 produksi Talgo dan Bombardier yang dioperasikan oleh perusahaan kereta api Spanyol, Renfe, sejak tahun 2005. Tak hanya Acela, basis AVE Class 21 juga digunakan oleh kereta cepat penghubung dua Mekkah dan Madinah, Haramain.

Guna memproduksi Avelia Liberty, Amtrak USD 2,1 miliar atau sekitar Rp 28 triliun (kurs Rp 14.000). Avelia Liberty sendiri memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pendahulunya seperti dapat dipacu hingga kecepatan 160 mil/jam atau sekitar 257 km/jam serta interior kereta yang lebih futuristik.

Rangkaian Avelia Liberty direncanakan untuk diluncurkan pada 2021 mendatang menggantikan rangkaian Acela Express generasi pertama yang sudah beroperasi sejak tahun 1998. Namun kemungkinan peluncuran akan tertunda akibat adanya masalah manajemen di tubuh Amtrak selama produksi Avelia Liberty. Selain itu, infrastruktur di North-East Corridor yang belum siap juga membuat peluncuran Avelia Liberty tertunda.

(RED/BTS)

Railcolor | Business Insider

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: