Kota Depok Wacanakan Bangun Transportasi Berbasis Rel

Rangkaian LRV Jabodebek yang selesai dinaikan ke PUK Harjamukti Cibubur

[25/1]. Pemerintah Kota Depok wacanakan bangun jaringan transportasi berbasis rel di Kota Depok. Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Depok Mohammad Idris melalui akun media sosial resminya. Pihaknya melakukan pertemuan dengan pihak Kemenhub di Jakarta pada Jumat (24/1) kemarin.

Pertemuan tersebut dilakukan untuk menyampaikan usulan Pemkot Depok mengenai pembangunan jaringan transportasi terintegrasi dan berbasis rel di Kota Depok kepada Kemenhub. Dalam postingannya, Idris juga menjelaskan mengenai rencana trase jalur LRT Metro Depok.

Nantinya akan ada 4 rute LRT yang dibangun yakni Koridor 1 yang membentang dari Pondok Cina hingga Stasiun LRT Cibubur sejauh 10,8 kilometer, Koridor 2 yang membentang dari Pondok Cina ke Cinere hingga Stasiun MRT Lebak Bulus sejauh 16,7 kilometer, Koridor 3 yang membentang dari Depok Baru hingga Bojong Sari sejauh 10,7 kilometer, dan Koridor 4 yang membentang dari Depok Baru hingga Gunung Putri sejauh 13,8 kilometer.

Jalur LRT Metro Depok nantinya akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya seperti Commuter Line (di Pondok Cina dan Depok Baru) dan MRT Jakarta (di Lebak Bulus).

View this post on Instagram

Silaturahim membuahkan keberkahan (dayaguna) hidup (Al-Hadits). Alhamdulillah ternyata terbukti dengan kehadiran kami ke kemenhub, untuk audiensi dengan berdiskusi dan saling memberi informasi tentang pembangunan serta pelayanan transportasi dan lalu-lintas di kota Depok. Minimal telah terbangun komunikasi yang efektif untuk penyelesaian persoalan-persoalan di kota Depok tentang penyelengaraan bidang perhubugan di kota metropolitan seperti depok. Ide, gagasan, usulan produktif, dan saran-saran disampaikan secara dialogis antara kami dengan pihak Kemenhub dan stake holder nya. Dalam diskusi tersebut, salah satunya kami mengusulkan untuk membangun transportasi umum berbasi rel yang nantinya dapat terkoneksi dengan moda transportasi umum lainnya Semoga membuahkan keceriaan dalam peningkatan pelayanan, pembangunan, serta pemberdayaan dalam bidang perhubungan. Baik transpotasi maupun lalu lintas, khususnya dalam mengatasi persoalan kemacetan. (Jakarta, 24/01/2020)

A post shared by Mohammad Idris (@idrisashomad) on

Pembangunan jaringan LRT di Kota Depok sendiri sebenarnya sudah direncanakan oleh Pemerintah Pusat. Rencana tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2018 Tentang Rencana Induk Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi Tahun 2018 – 2029.

Dalam Perpres tersebut, salah satu rencana pembangunan jaringan LRT dalam Kota Depok adalah rute Cimanggis – Pondok Cina – Cinere – Krukut. Dalam Perpres juga dijelaskan nantinya rute tersebut akan terintegrasi dengan angkutan umum lainnya seperti BRT dan Commuter Line.

(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: