Selamat Tahun Baru, Selamat Datang di Dekade Baru

tahun dekade baru
Menyongsong tahun dan dekade baru dengan penuh semangat

(1/1) – Kami sengaja menulis tanggal pada awal dari tulisan ini. Tentu bukan tanpa sebab, hari ini merupakan hari pertama dari dekade baru. Dekade 2010-an sudah pergi meninggalkan kita semua. Dekade di mana perubahan sangat cepat terjadi di dunia.

Dalam dunia perkeretaapian sendiri, banyak sekali perubahan yang telah terjadi. Tentu ini tidak lepas dari manuver para pemangku kebijakan di bidang perkeretaapian. Sederet inovasi ditelurkan. Mulai penghapusan kereta non-AC, pembelian sarana perkeretaapian baru, pengoperasian rangkaian kereta komuter yang lebih panjang dengan jeda waktu yang lebih rapat, hingga hadirnya operator perkeretaapian baru. Ada juga implementasi teknologi yang sebelumnya belum pernah ada, seperti kendali kereta otomatis, listrik aliran bawah, hingga ke listrik aliran atas rigid.

Dekade 2010-an tidak dapat dipungkiri membawa lebih banyak perubahan dari dekade sebelumnya. Saking banyak dan cepatnya perubahan datang, kadang kita masih kaget dengan keberadaan perubahan tersebut. Bahkan sebagian dari kita mungkin masih tidak bisa menerima perubahan tersebut. Hal-hal yang sebelumnya menjadi bagian dari masa kecil atau masa muda kita, satu per satu hilang ditelan perubahan. Namun bila kita tidak berubah, tentu kita tidak akan pernah maju, bukan?

Kini kita telah berada di dekade baru, dekade 2020-an. Tentunya banyak hal yang dapat kita ekspektasikan dan kita targetkan untuk diwujudkan dan terwujudkan di dekade ini. Pun begitu dalam bidang perkeretaapian. Karena sesungguhnya dunia ini termasuk segala isinya tidaklah stagnan, namun dinamis. Ia terus bergerak, bahkan ketika kamu tidak menyadarinya.

Berbagai harapan pun terhaturkan untuk perkeretaapian nasional, agar semakin berkelas dunia. Pun begitu kami, kami juga punya banyak harapan untuk dunia perkeretaapian. Dan harapan-harapan tersebut, beberapa di antaranya sudah kami tulis di sini lewat opini-opini yang terkadang keras namun membangun.

Pada akhirnya, kita harus terus bergerak maju mengikuti zaman. Kamu diam, maka kamu akan ketinggalan zaman.

Selamat tahun baru dan selamat datang di dekade baru untuk kita semua.

Tim REDaksi

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: