KA Bandara Adi Soemarmo Akan Diperpanjang Sampai Klaten

Uji coba KA Bandara Adi Soemarmo (kiri) dan KA Prameks (kanan) saat berhenti di Stasiun Klaten | Kemenhub / Liputan 6

[14/2]. Setelah sebelumnya beroperasi hanya sampai Solo Balapan, KAI dan Kemenhub melakukan uji coba perpanjangan relasi KA Bandara Adi Soemarmo sampai Klaten. Uji coba perpanjangan rute KA BIAS ini dilakukan selama dua hari yakni pada Selasa (11/2) dan Rabu (12/2) lalu.

Uji coba dilakukan menggunakan rangkaian KRDI eks Way Umpu. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Danto Restyawan mengatakan uji coba pemanjangan rute ini dilakukan guna menyambut peresmian KA Bandara Adi Soemarmo yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Februari ini.

Setelah uji coba akan dilakukan evaluasi guna melihat respon masyarakat dengan hadirnya KA BIAS di Klaten serta menentukan besarnya tarif ketika sudah beroperasi pada Maret mendatang. Jika responnya positif, maka perjalanan KA BIAS akan diperpanjang sampai Klaten.

Perjalanan KA BIAS dari Klaten sampai Bandara Adi Soemarmo diyakini jauh lebih cepat ketimbang menggunakan bus ataupun kendaraan pribadi. Sebagai perbandingan, dalam uji coba ini perjalanan Klaten – Bandara Adi Soemarmo memakan waktu 61 menit di mana kereta berhenti di Purwosari, Solo Balapan, dan Kadipiro.

Sedangkan jika menggunakan mobil perjalanan Klaten – Bandara Adi Soemarmo memakan waktu 2 jam atau bahkan jika menggunakan bus perjalanan mencapai 3 jam.

Meski memiliki waktu tempuh lebih cepat, namun Danto memastikan tarif yang ditetapkan nantinya akan tetap terjangkau untuk masyarakat. Selain itu, perjalanan KA BIAS ke Klaten nantinya akan memanfaatkan jadwal kosong di Lintas Solo – Yogyakarta supaya tidak mengganggu perjalanan KA lainnya termasuk Prameks.

(RED/BTS)

Liputan 6 | Detik

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: