Talgo Menangkan Tender Pengadaan Kereta Denmark

Render kereta Talgo 230 DSB | Foto: Talgo

[09/02] Sebagai perusahaan pembuat kereta terkemuka, Talgo telah dipercaya oleh banyak negara. Di antara lain Spanyol, Amerika Serikat, Uzbekistan, Kazakhstan, dan Saudi Arabia. Pada kali ini, Talgo juga dipercayakan oleh Denmark untuk kereta api mereka.

Berdasarkan rilis pers resmi Talgo, Perusahaan Kereta Api Denmark (DSB – Danske Statsbaner) telah memilih Talgo untuk menyuplai delapan rangkaian kereta mereka setelah melalui proses tender. Basis kereta yang digunakan oleh DSB adalah Talgo 230 yang juga digunakan oleh Deutsche Bahn. Di bawah kontrak senilai 500 juta Euro ini, Talgo akan menyuplai delapan rangkaian dengan opsi untuk pemesanan kereta atau rangkaian tambahan, dan suku cadang selama 16 tahun.

Rencananya, rangkaian kereta pesanan DSB ini akan didinaskan di rute Denmark – Jerman yaitu Copenhagen – Hamburg. Pihak Talgo mengklaim bahwa basis Talgo 230 ini memenuhi kebutuhan Denmark akan kereta yang lebih ramah lingkungan. Hal ini dimungkinkan dengan berat kereta yang lebih ringan sehingga dapat mengurangi konsumsi energi hingga 30%. Hal ini sejalan dengan tujuan Denmark untuk mengurangi konsumsi karbon sebanyak 70% dibanding 1990 sebelum 2030. Selain itu, kereta baru ini juga diklaim Talgo memenuhi standar interoperabilitas antara Jerman dan Denmark. Setiap rangkaian ini mempunyai kapasitas hingga 440 penumpang dengan ukuran body shell yang lebih besar.

Sebelumnya pihak DSB telah mengadakan tender untuk pengadaan delapan rangkaian kereta sejak 2018 lalu. Tender ini diikuti oleh CAF, Siemens, Bombardier, dan Talgo. Pada Januari 2019, CAF mengundurkan diri dari tender ini setelah sebelumnya Bombardier mengundurkan diri pada November 2018 lalu. Proses tender kemudian diikuti Siemens dan Talgo sebelum kemudian Talgo diputuskan sebagai pemenang. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: