Dua Orang Tewas Dalam Kecelakaan Kereta Cepat di Italia

Rangkaian kereta cepat yang terguling dekat Milan | Metro.co.uk

[8/2]. Sebanyak 2 orang tewas dan 28 lainnya luka-luka dalam kecelakaan yang menimpa perjalanan kereta cepat di Kota Lodi, sekitar 37 kilometer di selatan Kota Milan, Italia, pada Kamis (6/2) pagi waktu setempat. Keduanya merupakan masinis dan asisten masinis dari perjalanan kereta cepat relasi Milan – Salerno yang terguling.

Kondisi kereta rusak parah. Bagian muka lokomotif ringsek usai menghantam bangunan yang berada di sisi rel. Kereta pertama dari rangkaian juga terguling dalam kecelakaan ini. Kencangnya kecepatan kereta saat mengalami kecelakaan sampai menyebabkan lokomotif terlepas dari rangkaian kereta.

Bagian depan lokomotif yang ringsek dalam kecelakaan ini | AFP / BBC

Menurut penuturan korban selamat, kecelakaan terjadi sangat cepat hingga mereka tidak menyadari apa yang terjadi. Berdasarkan keterangan resmi dari perusahaan operator, kereta berangkat dari Milan pukul 5:30 waktu setempat (11:30 WIB). Saat kejadian kereta melaju dengan kecepatan tinggi yakni 300 km/jam.

Saat melaju dengan kecepatan tinggi, kereta menabrak gerbong datar yang berada di jalur yang sama. Tabrakan kecepatan tinggi tersebut membuat lokomotif terpisah dari rangkaian dan terlempar keluar jalur sebelum menabrak bangunan di sisi rel. Kereta pertama dari rangkaian kereta terguling.

Akibat kecelakaan ini, seluruh perjalanan kereta cepat yang menghubungkan Milan dan Bologna dibatalkan hingga proses evakuasi selesai dilakukan. Penyebab pasti kecelakaan masih dalam proses investigasi oleh pihak terkait. Kecelakaan kereta api sebenarnya cukup sering terjadi di Italia, namun ini merupakan kali pertama perjalanan kereta cepat mengalami kecelakaan.

(RED/BTS)

BBC

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: