SNCF Adakan Upacara Perpisahan Untuk TGV “Patrick” 01

Rangkaian TGV “Patrick” 01 dalam acara perpisahannya di Pusat Teknologi SNCF di Bischeim, Perancis | Twitter @conducteur_PSE

[11/2]. Perusahaan operator kereta api nasional Perancis, SNCF, dan pecinta kereta api mengadakan upacara pelepasan purnatugas rangkaian TGV pertama yang beroperasi yakni TGV 23000 set 01 “Patrick” setelah 41 tahun lamanya berdinas melayani masyarakat Perancis.

Pelepasan dilakukan di Pusat Teknologi SNCF di Bischeim pada Kamis (6/2). Pesta perayaan kecil dilakukan di dalam area Pusat Teknologi SNCF untuk melepas TGV 23000 set 01 “Patrick”. Bak seorang bintang rock, asap, kembang api, dan lampu sorot menyambut kedatangan rangkaian legendaris ini.

Tak hanya para pegawai SNCF dan para pecinta kereta api, seluruh rakyat Perancis pun melepas kepergian Patrick hingga ia menjadi trending topic di Twitter Perancis.  Tagar #AurevoirPatrick menjadi trending selama 1 hari lamanya.

Sebelum purnatugas, rangkaian TGV 23000 set 01 ini dicat dengan 3 livery yang berbeda yakni oranye atau livery pertamanya di bagian lokomotif, silver-hitam-merah di kereta 2, 3, 5, 6, 7, dan 8, serta livery saat ini yakni silver-biru di kereta 3 dan 4. Ketiganya pernah digunakan semasa TGV 01 berdinas.

Tak mengejutkan jika rangkaian TGV 23000 set 01 memiliki tempat tersendiri di hati rakyat Perancis. Rangkaian TGV 01 pertama kali beroperasi pada tahun 1978 melayani rute pertama TGV yakni Paris – Lyon atau TGV Sud-Est. Hal itu membuatnya menjadi rangkaian TGV tertua yang beroperasi di Jalur TGV Sud-Est.

Ia menjadi simbol kemajuan teknologi perkeretaapian Perancis yang saat itu tengah bersaing dengan rivalnya di bidang kereta cepat, Jepang. TGV 23000 dapat dipacu dengan kecepatan maksimal 260 km/jam yang membuatnya menjadi pesaing berat Shinkansen pada saat itu.

Produksi TGV 23000 sendiri dilakukan dari tahun 1978 hingga 1985 yang terbagi menjadi 4 angkatan yakni angkatan pertama dari set 01 sampai 37, angkatan kedua dari set 38 (sekarang TGV La Poste) sampai 69, angkatan ketiga  dari set 70 (sudah dirucat) sampai 87, dan angkatan keempat dari set 88 (dibangun ulang untuk pengujian TGV Atlantique) sampai 102 (set 101 dipakai eksperimen tilting).

(RED/BTS)

Railcolor | BFMTV | Wikipedia

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: