Mulai 1 April 19 KA Jarak Jauh Dibatalkan Perjalananannya

Ilustrasi kereta api

[30/3]. Penyebaran wabah COVID-19 yang semakin masif membuat KAI membatalkan lebih banyak perjalanan KA jarak jauh, menengah, dan lokal di Pulau Jawa. Mulai 1 April mendatang KAI membatalkan sebanyak 28 perjalanan KA jarak jauh dan menengah dari 19 KA.

Pembatalan dilakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dari Jakarta yang merupakan episentrum wabah ke daerah di Pulau Jawa. Keseluruhan perjalanan yang dibatalkan merupakan pemberangkatan dari 3 stasiun besar di Jakarta yakni Pasar Senen, Gambir, dan Jakarta Kota ke sejumlah daerah di Pulau Jawa.

28 perjalanan yang dibatalkan di antaranya adalah 5 perjalanan Argo Cheribon, 5 perjalanan Argo Parahyangan, Argo Wilis, Argo Muria, Turangga, Sembrani, Taksaka, Mutiara Selatan, Malabar, Gaya Baru Malam Selatan, Gumarang, Bogowonto, Gajahwong, Fajar dan Senja Utama Yogyakarta, Sawunggalih, Tawang Jaya, Kutojaya Utara, dan Menoreh.

Pembatalan perjalanan akan dilakukan selama 1 bulan lamanya dari tanggal 1 April hingga 1 Mei 2020. Sejumlah persiapan pun dilakukan KAI untuk menampung rangkaian dari KA yang dibatalkan.

View this post on Instagram

#SahabatDJKA dengan sangat berat hati, mimin harus menyampaikan info yang buat sebagian dari kalian mungkin tidak mengenakan, tapi tetap harus dilakukan demi kesehatan banyak orang di negeri ini. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 atau virus Corona yang semakin meluas di Tanah Air, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengambil kebijakan melakukan pembatalan perjalanan KA. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Sebanyak 28 KA Jarak Jauh dengan jadwal keberangkatan 1 April s.d 1 Mei 2020 serta berangkat dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota dibatalkan. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Tapi tenang saja, bagi kalian calon penumpang yang terdampak pembatalan KA pada kurun waktu tersebut, dapat mengajukan pengembalian biaya tiket secara penuh 100% di luar biaya pesan. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Tidak hanya itu, sebelum jadwal pembatalan diberlakukan, tentunya seluruh calon penumpang yang telah membeli tiket pada jadwal KA yang dibatalkan, sudah diberikan informasi terlebih dahulu melalui layanan informasi pelanggan. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Untuk mengetahui Daftar KA yang mengalami pembatalan perjalanan periode 1 April – 1 Mei 2020, #SahabatDJKA bisa lihat pada gambar di atas. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Semoga #SahabatDJKA yang terkena dampak pembatalan perjalanan KA ini, dapat berbesar hati menerima demi keselamatan bersama. Dan tetap percaya bahwa akan ada pelangi setelah hujan reda. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ #PembatalanKA #JadwalKA #DiRumahAja #Covid19 #Corona #DJKAbekerjaLebihKeras #PenghubungIndonesia #Keretaapi #KeretaApiKita #Kemenhub @budikaryas @kemenhub151

A post shared by DitjenPerkeretaapian (@ditjenperkeretaapian) on

Seperti menyiapkan sejumlah dipo, PUK, dan stasiun untuk dijadikan tempat stabling rangkaian KA yang dibatalkan. Hal ini dilakukan mengingat keterbatasan jalur stabling di berbagai dipo.

Dalam siaran persnya, untuk penumpang yang perjalanan KAnya dibatalkan KAI akan mengembalikan penuh tiket perjalanannya. Klaim pengembalian tiket dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access ataupun offline melalui customer service di stasiun.

Ini merupakan tahap ketiga pembatalan perjalanan KA jarak jauh, menengah, dan lokal yang dilakukan KAI. Tahap pertama dan kedua sudah dilakukan pada tanggal 21 Maret dan 26 Maret 2020 kemarin.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: