Terapkan Karantina Wilayah, Beberapa Pemda Akan Hentikan Operasional KA di Wilayahnya

Commuter Line Lintas Kulon saat memasuki Stasiun Rangkasbitung

[28/3]. Guna mencegah masuknya wabah COVID-19 dari Jakarta dan sejumlah episentrum, pemerintah daerah di sejumlah wilayah menyiapkan opsi karantina wilayah untuk mencegah warga untuk keluar dan masuk wilayah tersebut.

Tak hanya jalan raya, akses masuk melalui jalur rel pun juga rencananya akan ditutup. Pemerintah Kabupaten Lebak dan Pemerintah Kota Tasikmalaya berencana akan menutup akses jalur rel ke wilayahnya.

Dalam surat permintaan kepada KCI, Pemerintah Kabupaten Lebak meminta KCI untuk menghentikan operasional Commuter Line Lintas Kulon ke wilayahnya. Dalam surat tersebut Pemkab Lebak meminta penghentian operasional Commuter Line tujuan Rangkasbitung dan penutupan sementara 3 stasiun di Lebak yakni Rangkasbitung, Citeras, dan Maja.

Dalam surat terpisah yang dikirimkan kepada Daop 1 Jakarta, Pemkab Lebak juga meminta penghentian sementara KA Lokal Merak. Penghentian operasional Commuter Line ke wilayah Lebak dilakukan selama 14 hari lamanya.

Lain Lebak lain pula Tasikmalaya. Pemerintah Kota Tasikmalaya akan menghentikan aktivitas naik dan turun penumpang kereta api di Stasiun Tasikmalaya. Selain menghentikan aktifitas naik dan turun penumpang, sejumlah KA yang biasa berhenti di Tasikmalaya melintas langsung.

Penghentian aktifitas naik turun di Tasikmalaya dimulai pada hari Selasa (31/3) pukul 00:00 WIB. Penghentian aktifitas naik dan turun ini dimaksudkan agar masyarakat dari luar wilayah Tasikmalaya tidak dapat memasuki Kota Tasikmalaya guna mencegah penyebaran wabah COVID-19.

Sebelumnya pada Kamis (26/3) lalu Pemerintah Kota Tegal mengumumkan rencana karantina wilayah atau penutupan akses keluar dan masuk Kota Tegal. Penutupan akan dilakukan selama 3 bulan mulai tanggal 30 Maret 2020 hingga 30 Juli 2020.

Selama masa karantina wilayah semua akses jalan akan ditutup dengan pembatas beton kecuali jalan nasional, jalan provinsi, dan Tol TransJawa. Sementara untuk aktivitas naik-turun penumpang di Stasiun Tegal akan dihentikan untuk sementara waktu.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ă—
%d blogger menyukai ini: