Pemerintah Hentikan Sementara Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung

Tampak terowongan bawah tanah kereta cepat di kawasan Halim | KCIC / Detik

[1/3]. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menghentikan sementara proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB). Penghentian akan dilakukan selama dua pekan mulai 2 Maret 2020 besok. Plt Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Danis Sumadilaga membenarkan penghentian tersebut kepada Detikcom pada Sabtu (29/2) kemarin.

Danis mengatakan penghentian dilakukan atas permintaan Komite Keselamatan Kontruksi. Selama penghentian akan dilakukan evaluasi keselamatan kerja di lingkungan proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung mengingat banyaknya permasalahan konstruksi yang dihadapi.

Dilansir dari CNBC Indonesia, ada 6 poin permasalahan yang menjadi penyebab dilakukannya penghentian sementara dan evaluasi proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung.

Keenam poin tersebut di antaranya adalah tidak diperhatikannya akses keluar-masuk tol sehingga menyebabkan kemacetan, tumpukan material akibat buruknya manajemen proyek, tersumbatnya saluran air sehingga menyebabkan banjir di Tol Jakarta – Cikampek, terlambatnya pembangunan sistem drainase, pembangunan pilar pengganti Jalur LRT Jabodebek yang dilakukan oleh KCIC tidak berizin, dan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang tak sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia.

Pembangunan dapat dilanjutkan kembali setelah evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian PUPR selesai dilakukan dan pelaksanaan konstruksi dinyatakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

(RED/BTS)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×