KAI Kembali Batalkan Perjalanan Kereta Api di Sejumlah Wilayah

KA Kamandaka, salah satu KA yang terdampak pembatalan

[20/4] Seiring dengan semakin meningkatnya penyebaran COVID-19 dan berkurangnya okupansi, PT KAI memutuskan menambah pembatalan perjalanan KA. Pembatalan perjalanan kali ini dilakukan di berbagai wilayah yaitu Sumatera Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Bandar Lampung.

Di Sumatera Barat, berdasarkan rilis pers PT KAI, dikarenakan menurunnya okupansi dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka sejumlah perjalanan KA dibatalkan. Perjalanan KA yang dibatalkan oleh PT KAI Divre II Sumatera Barat meliputi 4 dari 8 perjalanan KA Sibinuang relasi Naras-Padang dan 2 dari 12 perjalanan KA Perintis BIM-Padang. Pembatalan sebagian KA Sibinuang dilakukan dari 20 April hingga 17 Juni mendatang. Sedang pembatalan sebagian KA Perintis BIM-Padang telah dilakukan mulai dari 1 April. Jadwal KA yang dibatalkan adalah sebagai berikut:

Daftar KA di wilayah Sumatera Barat yang dibatalkan | Sumber: PT KAI

Di Jawa Tengah, dikutip dari Kompas, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga membatalkan seluruh perjalanan KA Kamandaka relasi Semarang-Purwokerto dan KA Joglosemarkerto relasi lingkar Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto-Yogyakarta. Pembatalan seluruh perjalanan KA Kamandaka dan Joglosemarkerto ini dilakukan hingga 30 April. Pembatalan ini menyisakan KA Bima, Wijayakusuma, Ranggajati, dan Kahuripan yang masih beroperasi di wilayah Daop 5.

Sementara di DI Yogyakarta, dikutip dari Suara Jogja dilakukan pembatalan sebagian perjalanan KA Prameks relasi Kutoarjo-Solo Balapan dan KA Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng. PT KAI Daop 6 Yogyakarta membatalkan 13 dari 21 perjalanan KA Prameks, menyisakan delapan perjalanan. Selain itu, mulai 21 April juga dilakukan pembatalan perjalanan KA Sancaka. Seperti kebijakan Daop 5, PT KAI Daop 6 juga melakukan pembatalan ini hingga 30 April mendatang. Untuk jadwal KA Prameks yang masih beroperasi adalah sebagai berikut:

Jadwal KA Prameks yang masih beroperasi | Sumber: PT KAI

Sementara itu di wilayah Bandar Lampung, PT KAI Divre IV Tanjungkarang membatalkan satu dari dua perjalanan KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang-Baturaja. Dilansir dari Saibumi Perjalanan yang dibatalkan adalah perjalanan pukul 07.30 dari Tanjungkarang dan pukul 14.00 dari Baturaja. Sedang perjalanan yang masih beroperasi adalah pukul 06.30 dari Baturaja dan pukul 13.30 dari Tanjungkarang. Pembatalan ini dilakukan dari 25 April hingga 16 Mei mendatang.

Bagi pembaca yang masih akan menggunakan layanan kereta api, diwajibkan untuk mengenakan masker. Sementara itu bagi yang memilih membatalkan perjalanannya dengan kereta api maka akan diberikan refund 100%.

Informasi pembatalan ini dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih lanjut, pembaca dapat menghubungi call center KAI di 121/021-121. Ataupun dengan media sosial @keretaapikita/@kai121. (RED/IHF)

Tambahan 20/4 22.00: Penambahan informasi pembatalan KA Kuala Stabas di wilayah Bandar Lampung.

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: